• Sel. Apr 23rd, 2024

Pj Bupati Langkat Faisal Hasrimy pimpin Apel Keselamatan Toba 2024

BySahiluddin Lumban gaol

Mar 14, 2024

Penulis: Muhammad Salim

Langkat,PERISTIWAINDONESIA.com ~ Pj Bupati Langkat HM. Faisal Hasrimy AP MAP menghadiri apel gelar pasukan keselamatan Toba-2024 dalam rangka terciptanya kamseltibcar Lantas di wilayah Polres Langkat, bertempat di Lapangan Januraga Polres Langkat, Rabu (13/03/2024).

Pada saat menjadi pembina apel Pj Bupati Langkat menyampaikan amanat tertulis Kapolda Sumatera Utara, Inspektur Jenderal Polisi Agung Setya Imam Effendi SH SIK MSi.
Dalam pidatonya Pj Bupati menyampaikan bahwa permasalahan lalu lintas merupakan masalah yang sangat kompleks dengan dinamika yang sangat beragam sehingga sering menjadi topik pembahasan di berbagai kalangan masyarakat

” Baik di media cetak maupun elektronik bahkan sering menjadi topik utama saat dimuat dalam jejaring sosial” ucapnya.

“Topik yang terkait dengan tingginya pelanggaran dan kemacetan sebagai dampak tingginya pertumbuhan jumlah kendaraan bermotor yang tidak seimbang dengan pertumbuhan infrastruktur yang mengakibatkan pemahaman penggunaan jalan untuk tertib berlalu lintas masih rendah yang mengakibatkan timbulnya permasalahan lalu lintas salah satunya kecelakaan” tambahnya.

Kecelakaan yang terjadi pastinya diawali dengan pelanggaran Berdasarkan data di tahun 2023 telah terjadi 1.855.587 pelanggaran dimana 857.181 merupakan pelanggaran berat .

Dari data pada tahun 2023 terdapat peningkatan kasus besar 10,27% , korban meninggal dunia naik 1,32%, korban luka berat naik 14,54% dan korban luka ringan naik 10,53%. Dari data tersebut 59% merupakan usia produktif.

Di wilayah Polda Sumatera Utara sendiri di tahun 2023 angka kecelakaan sebanyak 6.739 kejadian atau mengalami kenaikan sebesar 1,04%, untuk meninggal dunia sebanyak 1.559 atau turun 0,9%, Luka berat sebanyak 2.219 atau naik 1,04% dan luka ringan sebanyak 7.652 atau naik 1,06%.

“Dari korban laka tersebut ada yang mengalami cacat permanen dan hal ini dapat menurunkan produktivitasnya atau bahkan kehilangan pekerjaannya” ucapnya.

Melihat data tersebut di atas Polri saat ini khususnya Polantas berupaya mewujudkan keamanan, keselamatan, ketertiban dan kelancaran berlalu lintas.

“berbagai kegiatan preemtif maupun preventif diantaranya melakukan kajian-kajian lalu lintas,terutama dalam menurunkan tingkat fatalisasi korban kecelakaan, pembinaan dan penyuluhan kepada masyarakat umum maupun masyarakat terorganisir melakukan disminasi model integritasi pendidikan lalu lintas ke dalam mata pelajaran pancasila kepada kepada guru-guru dalam lingkup Kemendikbud dan Kemenag penyadaran santri tertib berlalu lintas” ucapnya.

Selain melaksanakan operasi keselamatan berlalu lintas 2024 Korlantas Polri melanjutkan kampanye aman berkendara bertemakan “BERSAUDARA DIJALAN SEHATI, SAFETY DAN PRESISI,”.

Turut hadir Ketua DPRD Langkat Sribana Perangin Angin SE,Danyonif 8 Marinir Letkol Mar Firman,Kepala BNNK Langkat AKBP S.Bangko SH MBA,Dandim 0203/LKT diwakilI Mayor Inf Hasanudin Pabung Kodim 0203/LKT,Staf Ahli Bupati Bid. Pemerintahan, Hukum dan Politik Drs H.Rudi Kinandung MAP,Kasatpol PP Dameka Putra Singarimbun SSTP,Kadis Perhubungan Arie Ramadhany SIP MSP,Plt Kadis Kominfo H.Sutrisuanto SSos MAP,Kepala kantor pelayanan jasa raharja (KPJR) Stabat Hendrik,Ketua PWI Langkat Darwis Sinulingga,PJU di jajaran Polres Langkat dan Kapolsek di Jajaran Wilkum Polres Langkat.  (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *