Home / Daerah / Politik

Senin, 4 Maret 2024 - 18:40 WIB

Pj. Bupati Tapanuli Tengah, ” Korupsi Adalah Perbuatan Busuk, Menyimpang Dari Kesucian.

Simalungun. Peristiwaindonesia.com

Korupsi sebagai perbuatan busuk, tidak jujur, dan menyimpang dari kesucian, demikian paparan Pj. Bupati Kabupaten Tapanuli Tengah (Tapteng) Sumut Dr Sugeng Riyanta SH. MH. Saat menjadi Narasumber dan pemateri dalam acara Peningkatan Kapasitas Aparatur Pemerintah Desa (Pemdes)

Acara yang berlangsung selama empat hari, dari Rabu 28/02/2024 hingga Sabtu 02/03/2024 di Khas Parapat Hotel. Kabupaten Simalungun Sumut. sumber dari Dinas Infokom Tapteng diterima Wartawan Senin 04/03/2024.

Dengan dihadiri Direktur CV Yuwana Nusa Sentosa, Tobi Bagustian Tanjung S.Pd, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (Kadis PMD)Tapteng, Henry Haluka Sitinjak, S.TP, serta para Kepala Desa (Kades) dan Sekretaris Desa (Sekdes) se-Tapteng

Lebih lanjut dikatakan: “Sebuah langkah penting dalam mencapai Desa Responsif, Regulatif, Distributif, menuju Indonesia Emas 2045.

Semua ini menjadi langkah positif untuk membangun desa yang responsif dan maju, serta memberikan harapan akan kemajuan Tapteng ke depannya. dalam paparannya, Jumat 01/03/2024.

Juga paparannya membahas “Pencegahan Tindak Pidana Korupsi Pengelolaan APBDes Pemerintah Desa dalam Perspektif Regulatif.” Jum’at 01/03/2024

Dijelaskan Korupsi sebagai perbuatan busuk, tidak jujur, dan menyimpang dari kesucian. ujarnya saat memberikan pemahaman sederhana tentang korupsi sebagai upaya menyalahgunakan kekuasaan dan pengaruh untuk keuntungan pribadi.

Paparan juga mencakup definisi korupsi oleh Jeremi Pompe. Dikatakan Korupsi sebagai penyalahgunaan kekuasaan dan kepercayaan untuk kepentingan pribadi.

Nepotisme, yang merupakan kecenderungan menguntungkan sanak saudara, terutama dalam jabatan, juga dibahas dalam konteks pemerintahan.

Kades dan Perangkatnya dilindungi oleh Undang-Undang selama melaksanakan tugas dengan benar, ujar Pj. Bupati mengingatkan.

Dia, menekankan pentingnya pelayanan kepada masyarakat dan pengelolaan Dana Desa (DD) yang baik.

Pesan Pj Bupati agar Kades bertindak profesional, tertib administrasi, dan selalu berkonsultasi dengan PMD Tapteng untuk memperkuat sinergi dengan Perkumpulan Aparatur Pemerintah Desa Seluruh Indonesia (Papdesi) Tapteng.

Narasumber dan pemateri selain Pj. Bupati Kasat Reskrim Polres Tapteng Polda Sumut, AKP Arlin Parlindungan Harahap SH MH, membahas kolaborasi Pemerintah Desa (Pemdes) dalam mewujudkan Desa Maju dan Mandiri.

Dandim 0211/TT, yang mengusung materi penguatan nilai-nilai bela Negara untuk mewujudkan Pemdes Responsif terhadap masalah dan isu strategis.

Ahli madya Ditjen Pembangunan Desa dan Pedesaan Kementerian Desa PDTT, Drs Andrew Ikhsan Lubis, M.Si, membahas penguatan kapasitas distributif Pemdes secara seimbang dan merata.

Sahiluddin

Share :

Baca Juga

Daerah

Jama’ah Masjid Al-Azhar Apresiasi Polres Sibolga.

Daerah

Masyarakat 9 ( Sembilan ) Desa Kec. Sorkam Berbondong-bondong Geruduk Kantor PMD Kab. Tapanuli Tengah, Minta Kades Bermasalah Dinonaktifkan.

Daerah

Pj Bupati Langkat Temui Aliansi Guru Honorer peserta PPPK tahun 2023 Langkat

Daerah

Move Fast, Pj. Bupati Tapteng Atasi Kekosongan Blanko E-KTP

Daerah

Giat Syafari Ramadhan, Pj. Bupati Dr. Sugeng Riyanta,SH.MH Ceramah di Masjid Aek Sitio-tio Kota Pandan Kab. Tapanuli Tengah.

Daerah

Langgeng Operasi Mafia BBM Bersubsidi di Tapanuli Tengah, Diduga Beckingan Aparat

Daerah

dr. Rahma Nasution Bantah, Berita Hoax di Facebook Fitnah.

Daerah

Program Pj. Bupati Tapteng “Membara” Berbuah Manis, Bank BTN Kucurkan Bantuan RTLH