• Rab. Feb 28th, 2024

Prajurit Prabinsa Kodim 1509/Labuha Belajar Budidaya Ikan di STP Labuha

Byabed nego panjaitan

Feb 26, 2021

Penulis: Muh Saifullah

HALSEL, PERISTIWAINDONESIA.com |

Personil Prabinsa (Prajurit Pembina Desa) Kodim 1509/Labuha belajar Budidaya Ikan, Kamis (25/2/2021) di Sekolah Tinggi Pertanian Labuha (STP Labuha) Desa Wayamiga Kecamatan Bacan Timur kabupaten Halmahera Selatan (Halsel).

Turut menghadiri pembekalan Personil Prabinsa tersebut, Dandim 1509/Labuha Letkol Inf Untung Prayitno SIP MHan, Martha Hadi Natha SPI MSi Wakil Ketua III Bidang Kemahasiswaan dan Muslim Hi Salim SPI MSi Ketua Prodi Perikanan sekaligus Pemberi Materi Budidaya Ikan.

Prajurit Prabinsa merupakan program Kasad untuk mengatasi kekurangan personil kewilayahan yang berada di setiap pelosok Indonesia dengan merekrut Putra Daerah dan dikembalikan ke daerah masing-masing untuk membantu serta mengatasi kesulitan masyarakat desa/tempat kelahiran personil Prabinsa tersebut.

Sebelum ditempatkan atau kembali mengabdikan diri di tanah kelahirannya, Dandim 1509/Labuha berinisiatif untuk membekali para Personil Prabinsa untuk mempelajari tentang Budidaya ikan, ketahanan pangan dan lain-lain yang merupakan kebutuhan dalam setiap permasalahan yang ada di wilayah binaannya.

Dengan menggandeng STP Labuha untuk ikut serta membekali para personil Prabinsa, karena sesuai dengan amanat Presiden TNI berkewajiban membantu dan menangani percepatan pemulihan ekonomi yang disebabkan pendemi Covid-19.

Disampaikan, kegiatan pembekalan materi tentang budidaya ikan ini bertujuan untuk memberikan pemahaman kepada seluruh prajurit baru, khususnya personil Prabinsa agar menjadi bekal mereka ketika terjun langsung ke wilayah ataupun koramil-koramil yang ada sehingga mampu mengatasi permasalahan masyarakat.

“Saya harap kepada seluruh prajurit Prabinsa agar dapat menyimak dan memperhatikan setiap penyampaian dosen atau pemateri yang memberikan pengetahuan tentang budidaya ikan ataupun pengembangan dan perawatan ikan secara berkelanjutan,” kata Dandim 1509/Labuha Letkol Inf Untung Prayitno.

Pembekalan personil Prabinsa akan dilaksanakan selama 2 hari. Dimulai pada hari Kamis (25/2/2021) dan berakhir pada Jumat (26/02/2021), dengan melibatkan 25 Personil Prabinsa Kodim 1509/Labuha.

Simbiosis Mutualisme mungkin peribahasa yang tepat untuk dikatakan kerja sama antara Kodim 1509/Labuha dan STP Labuha, bentuk kerjasama yang saling menguntungkan.

“Kami (STP Labuha) selalu mengundang Dandim 1509/Labuha memberikan materi di setiap kegiatan yang diadakan oleh kami. Dan sekarang giliran kami untuk mengisi materi Budidaya Ikan yang salah satu Fakultas yang ada di STP Labuha ini. Kami juga punya program membantu masyarakat Kabupaten Halmahera Selatan, semoga melalui Kodim 1509/Labuha bisa memberikan efek positif di kemudian hari,” harap Martha Hadi Natha (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *