• Sab. Feb 24th, 2024

Unik !! Warga Cicadas Di RT 01/03 Makan Pakai Daun Pisang, Olvy : Momen Kebersamaan Di Acara Ngeliwet

PERISTIWA INDONESIA, BOGOR – Ada hal unik yang dilakukan oleh warga RT 01/03 Desa Cicadas Kecamatan Gunung Putri untuk jalin kekeluargaan dan kekompakan. Terlihat giat rutinitas menjalankan tugas ronda di wilayah, dengan menggelar makan nasi liwet di pos kamling (ronda) gang kebersamaan.

Selain menjadi acara rutinitas di malam Minggu, ngeliwet di lingkungan RT 01 itu sering di lakukan pada hari-hari libur nasional bahkan di hari-hari kerjapun,

Kendati, Penyajian nasi liwet yang tergolong unik itu menjadi nilai keharmonisan dilingkungan rukun tetangga dimulai dari Wadahnya tidak menggunakan piring tetapi dengan daun pisang.

Kegiatan masak Nasi Liwet merupakan rutinitas di gank kebersamaan bertujuan mempererat kekompakan, memupuk kekeluargaan dan keakraban sesama dilingkungan RT 01 RW 03 Kp. Cicadas, Desa Cicadas Kecamatan Gunung Putri, Kabupaten Bogor, Jawa Barat. Sabtu malam (20/05/2023).

Diacara tersebut, menurut pakde Sunarto sapaan akrabnya selaku ketua Gg. Kebersamaan dilingkungan RT 01 RW 03 Cicadas mengatakan selain di malam Minggu rutinitas ngeliwet di hari libur nasional pun dilakukan.

“Bahwasanya liwet ini di malam Minggu bahkan di hari-hari libur tetap kita adakan acara liwetan”,Kata pakde Sunarto.

Liwetan bukan sekedar makan atau untuk isi perut semata, Tetapi lebih kepada kekompakan dan kebersamaan
Bukan masalah liwetannya tetapi kebersamaan nya”,ungkapnya.

Dudung sesaat dimintai tanggapannya terkait hidangan yang di gelar, “Pokonya Maknyus, Yang penting ngeliwet”,ungkap Bang Dudung salah satu warga Gang Kebersamaan.

Selanjutnya, di acara kegiatan Liweutan terlihat ibu-ibu di lingkungan gang kebersamaan mengikuti dan membantu proses pengolahan nasi liwet,

“Tiada hari libur selain liwetan, sontak salah satu ema-ema warga Gang Kebersamaan sambil menikmati masakan nasi liwet.

Di setiap acara selalu ada pencetusnya dalam kegiatan rutinitas ngeliwet itu, penggerak dilingkungan gG kebersamaan yang akrab di sapa Pak Ollvy.

“Ini adalah momen – momen kebersamaan di acara liwetan ini menjadi kerukunan bertetangga dan menambah kekompakan serta meningkatkan jalin silaturahmi semakin erat lagi”,Tuturnya Ollvy.

Acara ngeliwet diselenggarakan setiap malam Minggu dan hari libur lainnya. berharap, semoga hubungan ini selalu terjalin baik kompak menjaga dan mengingatkan kesesama, waspada di lingkungan dengan menjaga kondusifitas dilingkungan guna terhindar dari hal-hal negatif”,tukasnya.

(Penulis Dion DirJen Faizani)

By Waruwu

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *