Home / Daerah / Infrastruktur

Sabtu, 6 April 2024 - 12:22 WIB

Aparat Penegak Hukum Didesak Proaktif Udut Kasus Dana Desa, Desa Makarti Nauli Tapanuli Tengah

Tapteng, Peristiwaindonesia.com ~ Ada dua hal yang didesak warga masyarakat untuk di usut penegak hukum, untuk Dana Desa (DD) Tahun 2023 yaitu pembuatan sumur bor di mana sumur bor tersebut tidak berfungsi, dan tidak dapat memenuhi kebutuhan air minum bagi masyarakat karena debit air nya hanya ada sewaktu musim peng hujan. 

Kedua “perkerasan jalan sepanjang 700 meter dan lebar 4 meter diduga tidak sesuai dengan RAB nya, pada biasanya kalau ada proyek perkerasan seperti ini harus memakai batu pinggiran  tapi itu tidak ada dan ketebalan lapis jalan biasanya 15 cm.

Salah seorang warga yang tidak bersedia jati diri nya dimuat dalam pemberitaan kepada wartawan mengatakan,” sangat mudah kita menghitung ketebalan nya sebab yang kulihat hanya 80 damtruck yang bermuatan 4 meter kubik satu mobil, itulah jumlah sirtu yang ditabur diatas permukaan jalan.

Pada tahun 2023 Dana Desa dikucurkan ke Desa ini, untuk membangun sumur bor, tapi debit air nya tidak ada, air bisa mengalir kalau musim penghujan, jadi kesimpulan nya kurang memberi manfaat kepada masyarakat sehingga boleh dikatakan proyek ini proyek gagal.

Salah seorang pemerhati hukum Patar Manalu kepada wartawan mengatakan “tim kita masih pulbaket di desa itu, tim masih melakukan investigasi menyeluruh, dan nantinya tim kita akan didampingi Konsultan untuk menghitung fisik dan keuangan proyek, sebab dana untuk membuat pengerasan Rp 266.900.000,- juta. Sedangkan untuk jumlah dana pembuatan sumur boor masi kita telusuri.

Kepala Desa Makarti saat akan dikonfirmasi wartawan di rumah nya tidak berhasil bertemu, dan kami ditemui di kantor nya pun belum ketemu, dicoba di hubungi melalui selular nya tidak tersambung karena keadaan signal di Desa tersebut sangat minim. ( Red / Tim ) |

Share :

Baca Juga

Daerah

Wabup Jayawijaya: “Dana Desa Bukan Untuk Bayar Masalah”
Pengurus UMKM Simalungun dan Warga Pematang Sidamanik foto bersama di Pendopo Ngatio

Daerah

Petani Kopi Terpuruk, UMKM Latih Warga Pematang Sidamanik Usaha Kuliner

Daerah

Bupati Minahasa Hadiri Konferensi VII dan Pertemuan Raya Kaum Bapak Katolik Keuskupan Manado

Daerah

Polres Kota Sibolga Gelar Pengamanan Pelaksanaan Jum’at Agung di Seluruh Gereja.

Daerah

Pemkab. Tapanuli Tengah Bersama TNI – POLRI Gelar Rapat Pengamanan Idul Fitri 1445 H

Daerah

Bupati Yalimo Melakukan Peletakan Batu Pembangunan Gereja di Jemaat Nazaret Kampung Beim

Daerah

Pj. Bupati Langkat Faisal Hasrimy ; Program Bantuan Tambak Udang Klaster ini Harus Dikelola Maksimal, Dan Jadi Contoh Bagi Kabupaten Lain.

Daerah

Kadis PMD Tapanuli Tengah Sumatera Utara Diminta Pertanggungjawaban Penggunaan ADD / DD