• Rab. Feb 28th, 2024

Cegah Wabah Diare dan Muntaber, Babinsa Bersama Masyarakat Kerja Bakti Bersihkan lingkungan

Byabed nego panjaitan

Feb 21, 2021

Penulis: Muh Saifullah

HALSEL, PERISTIWAINDONESIA.com |

Babinsa Serka Abu Kunio bersama Regu Pengamanan Obvit dan masyarakat berkerjasama dengan pihak Perusahaan Harita Grup melakukan Kerja Bakti Pembersihan Lingkungan desa.

Kegiatan ini dilaksanakan, Minggu Pagi (21/02/2021) di Desa Kawasi Kecamatan Obi Kabupaten Halmahera Selatan (Halsel), dalam rangka memperingati Hari sampah Nasional Tahun 2021 sekaligus menanggulangi wabah penyakit diare dan muntaber yang berapa hari belangan merebak di Desa Kawasi.

Turut hadir Sekdes Kawasi Frans Datang, Manager Comdev CSR Harita Grup Hexsa Sanjaya, Manager Comrel CSR Harita Grup Apolinavis Faustinus Mbata, Danru Pam Obvit Harita Grup Sertu Jhon Lekatompessy, Kepala Pemuda Desa Kawasi Yopie Kalalo, 1 SSR (Satuan Setingkat Regu) Anggota TNI Pengamanan Obvit Harita Group, 20 masyarakat desa Kawasi.

Mulai awal Februari 2021 sampai dengan sekarang Desa Kawasi mengalami musibah dengan diserangnya wabah penyakit Diare dan Muntaber dengan Jumlah Pasien 82 orang dan 1 orang meninggal dunia.

Hal ini merupakan kejadian luar biasa sesuai hasil observasi Tim Kesehatan Puskesmas Laiwui yang turun langsung ke lapangan menyelidiki asal wabah penyakit tersebut.

Hasil penelitian tim kesehatan, timbulnya penyakit akibat faktor lingkungan yakni banyaknya sampah berserakan, genangan air di sekitar rumah, dan pola hidup yang tidak sehat.

Dengan bahu membahu Babinsa Serka Abu Konio, Regu Pengamanan Obvit membersihkan selokan-selokan yang ada disekitaran Desa Kawasi.

Mereka juga mengumpulkan sampah yang berserakan dan setelah terkumpul Perusahaan mendatangkan Mobil untuk mengangkut sekaligus membuangnya ke TPA, serta menimbun kembali tempat-tempat yang tergenang air.

Serka Abu Kunio menghimbau masyarakat Desa Kawasi agar menjaga lingkungan, seperti tidak membuang sampah sembarangan dan melakukan Pola Hidup sehat agar tidak terserang Penyakit Diare atau Muntaber.

“Kita semua berharap dan berdoa wabah diare maupun muntaber tidak lagi menyerang masyarakat desa. Semoga dengan kejadian luarbiasa ini bisa mengubah dan menyadarkan pentingnya pola hidup sehat,” kata Serka Abu Kunio.

Senada Dengan Babinsa, Danru Pam Obvit Sertu Jhon Lekatompessy mengharapkan seluruh masyarakat Kawasi dapat sadar dan menjaga kesehatan lingkungan disekitar sehingga wabah penyakit dapat dihindari.

“Kami Juga mengharapkan kepada para aparat pemerintah desa senantiasa mengingatkan masyarakat agar menjaga lingkungan sekitar rumah dan tidak lagi membuang sampah sembarangan, karena sampah tempat yang ideal untuk Kecoa dan Nyamuk berkembang biak, dan akan menimbulkan penyakit,” ujar Sertu Jhon Lekatompessy.

Pemerintah Desa Kawasi bersama Puskesmas Laiwui, Koramil 1509-02/Obi, Pam Obvit, dan Harita Grup menyepakati kegiatan kerja bakti pembersihan lingkungan akan selalu dilaksanakan setiap hari Sabtu hingga dinyatakan Desa Kawasi bebas dari wabah Diare dan Muntaber (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *