Home / Pariwisata

Jumat, 21 Mei 2021 - 12:02 WIB

Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Lamsel Gelar Penyuluhan Sadar Wisata di Pantai Batu Putih

Penulis: Khoirizal-Dede Ahmad

LAMSEL, PERISTIWAINDONESIA.com |

Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Pemkab Lampung Selatan (Lamsel) menyelenggarakan Kegiatan Penyuluhan Sadar Wisata di Pantai Batu Putih Desa Ketapang Kecamatan Ketapang, Kamis (20/05/2021).

Diketahui, kegiatan penyuluhan sadar wisata yang mengusung tema “kita Dukung Pengembangan Kawasan Pariwisata Terintegrasi Bakauheni Kabupaten Lampung Selatan”, diikuti oleh pelaku wisata, Plt Sekretaris Camat Ketapang Elhayati, Aparatur Desa Ketapang dan Pokdarwis Ketapang juga Pokdarwis Bakauheni.

Kadis Pariwisata Ir Rini Ariasih MM menyampaikan tujuan kegiatan ini untuk mendukung pengembangan kawasan pariwisata terintegerasi Bakauheni.

“Kegiatan penyuluhan sadar wisata ini akan berlangsung selama dua hari, saya harapkan para peserta dapat mengikuti kegiatan ini dengan baik,” ujarnya

Sementara itu Ir Rini Ariasih MM saat membacakan sambutan Bupati Lamsel H Nanang Ermanto sangat mengapresiasi sekaligus mendukung penuh program penyuluhan sadar wisata ini.

“Harapan saya melalui kegiatan seperti ini akan muncul para kader penggerak wisata yang profesional, sehingga ke depannya obyek wisata kita dapat dikelola dengan baik,” ujarnya saat mewakili Bupati Lamsel H Nanang Ermanto

Dengan langkah promosi yang tepat, menurutnya, obyek wisata Lamsel akan banyak dikunjungi wisatawan domestik ataupun mancanegara.

“Sektor pariwisata suatu daerah bisa tumbuh dan berkembang dengan baik, tentunya sangat dipengaruhi oleh keterlibatan masyarakat dalam mewujudkan Sapta Pesona, dengan menjaga keamanan, ketertiban, kehersihan, kesejukan, keindahan, keramah tamahan, dan kenyaman bagi para wisatawan,” paparnya

Terkait hal tersebut, harapnya, melalui kegiatan penyuluhan sadar wisata ini, para peserta dapat meningkatkan wawasan dan ilmu pengetahuan tentang kepariwisataan, sehingga ke depannya dapat menjadi pemandu wisata atau konsultan sektor wisata yang handal dan berwawasan.

Dengan demikian upaya Pemerintah Daerah melalui Dinas Pariwisata dan Kebudayaan dalam mengembangkan obyek Wisata yang ada di Kabupaten Lamsel akan berhasil dengan baik.

Selain itu, keberhasilan program pembangunan pariwisata juga dapat dilihat dari banyak tidaknya wisatawan yang berkunjung ke obyek wisata di Lamsel.

Oleh sebab itu, destinasi wisata yang ada harus dibenahi dengan baik dan dikelola secara profesional.

Selain itu juga dinas terkait harus aktif promosi, baik di media massa maupun media online. Tapi yang tidak kalah pantingnya adalah bagaimana dapat mewujudkan iklim yang kondusif agar wisatawan menjadi nyaman ketika berwisata di Lamsel.

Oleh karena itu, ini semua menjadi tugas pokok bersama untuk mengangkat serta memajukan sektor pariwisata di Kabupaten Lamsel.

“Pesan saya kepada seluruh peserta penyuluhan agar dapat mengikuti kegiatan ini dengan serius dan sungguh-sungguh. Dengan ilmu pengetahuan yang saudara peroleh akan memberikan dampak yang besar ketika saudara ditugaskan menjadi pengelola tempat wisata,” kata Rini Ariasih.

Melalui Kadis Pariwisata H Nanang Ermanto mengajak pelaku wisata agar mendukung program pembangunan wisata yang ada.

“Mari kita dukung program pembangunan wisata di Kabupaten Lampung Selatan, karena dengan semakin banyaknya destinasi wisata yang dibuka sudah tentu akan membuka lapangan pekerjaan yang luas di bidang pariwisata,” tandasnya (*)

Share :

Baca Juga

Pariwisata

Wahana Outbond Sepeda Terbang Pertama Kali di Tanah Papua

Pariwisata

Bupati Nanang Ermanto Kenalkan Kebun Wisata Edukasi Kepada Para Pejabat Pemprov Lampung

Pariwisata

Tokoh Masyarakat Kawasan Malioboro Buka Penyewaan Pakaian Adat Jawa Untuk Pengunjung

Pariwisata

Cegah Klaster Baru Covid-19 Saat Libur Nataru, Bupati Nanang Ermanto Perketat Pengawasan Tempat Wisata di Lamsel

Headline

Luhut Panjaitan: “Berkat” Satu Kata Untuk Tanah Toba

Industri

Teater Musikal Keumalahayati – Laskar Inong Balee, Teater Jakarta Taman Ismail Marzuki, 12 dan 13 Agustus 2023

Industri

Suku Dinas Kebudayaan Jakarta Timur Bersama Seniman Lintas Disiplin Adakan Jambore Seni 2023 di Green Forest Hotel, Bogor

Industri

*FEALAC JVP 2023 City Tour, Disparekraf DKI Hadirkan Jurnalis Amerika Latin dan Jurnalis Media Online ke Kota Tua dan Monas*