• Sab. Feb 24th, 2024

Kecipratan DAK Rp 27 Milyar, Dishub Halsel Tahun Ini Bakal Merehab Tiga Pelabuhan

Byabed nego panjaitan

Feb 23, 2021

Penulis: Muh Saifullah

HALSEL, PERISTIWAINDONESIA.com |

Dinas Perhubungan (Dishub) kabupaten Halmahera Selatan (Halsel) pada tahun 2021 ini melalui Dana Alokasi Khusus (DAK) bakal merehab sejumlah dermaga pelabuhan penyeberangan ferri yang dinilai telah termakan usia

Kepala Dishub Halsel Akhmad Rajak mengakui terdapat Tiga dermaga pelabuhan yang bakal direhab tahun ini, dimana ketiga pelabuhan tersebut merupakan usulan tahun kemarin. Diantaranya dermaga pelabuhan Saketa, Obi dan Babang, mengingat ketiga dermaga ini memiliki mobilitas penumpang yang terus meningkat.

“Tahun ini beberapa kegiatan yang bersumber dari biaya DAK kurang lebih Rp 27 miliar untuk membangun tiga pelabuhan,” kata Akhmad ketika disambangi diruang kerjanya, Senin (22/02/2021).

Menurutnya, dari tiga pelabuhan yang akan direhab nanti, hanya pelabuhan Babang yang merupakan paket lanjutan.

Sebagaimana diketahui pada tahun 2020, Dishub Halsel mendapatkan kucuran anggaran DAK sebesar Rp 7.073.340.763 untuk paket pekerjaan rehab Pelabuhan ferri Babang yang rampung pada November tahun kemarin.

“Pelabuhan Saketa itu nanti akan direhab fasilitas laut, darat dan juga jalan. Jadi ada tiga paket di Saketa. Pelabuhan Obi juga sama yang direhab nanti pelabuhan serta fasilitas darat dan juga jalan di dalam area pelabuhan. Kemudian khusus pelabuhan Babang tahun ini hanya akan direhab gedung terminalnya saja,” jelas Akhmad.

Menurutnya, selain proyek pekerjaan pelabuhan, ada juga paket transportasi darat atau transportasi pedesaan, dimana item tersebut diperuntukkan untuk desa yang sudah mempunyai Bumdes.

“Jadi ada tiga desa di Obi yang nanti dapat paket transportasi pedesaan ini, berupa dua unit mobil dan satu unit speed boat,” terangya (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *