• Sab. Mar 2nd, 2024

Kesbangpol Kota Salatiga Terbitkan Buku Profile Partai Politik

Byabed nego panjaitan

Des 17, 2020

Penulis: Trini Astuti

Salatiga, PERISTIWAINDONESIA.com |

Partai politik merupakan salah satu bagian terpenting dalam sebuah pilar sistem demokrasi. Kedudukan partai politik sangat strategis apalagi sebagai penyelenggara Pemilu.

Oleh karena itu Pemerintah Kota Salatiga menerbitkan Buku Profile Partai Politik agar dapat menjadi bank data bagi masyarakat yang ingin mengetahui informasi bidang politik di Kota Salatiga.

Hal ini disampaikan Ketua DPC Partai Hanura Kota Salatiga Berthy Marthyn, Kamis (17/12/2020) di Salatiga.

Menurutnya, para konstituen dan rakyat akan memilih calon Presiden dan Wakil Presiden, anggota DPR dan DPRD Pilkada melalui partai politiknya termasuk di kota Salatiga.

Karenanya, kata Marthyn, perlu dicetak buku profile partai politik kota Salatiga sebagai bahan dokumentasi atau bank data yang dinilai sangat penting dalam konteks pengenalan dan penyebaran gambaran informasi terkait keberadaan partai politik hasil Pemilu tahun 2019 di kota Salatiga.

“Melalui buku ini masyarakat akan dapat melihat dan mengetahui sejarah singkat partai politik, visi misi, struktur kepengurusan, dan program kerja yang sudah dilaksanakan,” timpalnya.

Inilah 17 partai politik yang mengambil bagian dalam penulisan Profile buku partai partai politik di Salatiga: 1. PDIP; 2. PKS; 3. PKB; 4. Partai Gerindra; 5. Partai Demokrat; 6. Partai Golkar; 7. Partai Hanura; 8. Partai Garuda; 9. PPP; 10. PBB; 11. Perindo; 12. Partai Gelora; 13. PSI; 14. Partai Berkarya; 15. Partai Nasdem; 16. PKPI; 17. PAN.

Selain sebagai bank data, ujar Marthyn, profile buku partai ini juga akan menjadi dasar dalam pengambilan kebijakan dan salah satu tolak ukur dalam mempelajari bidang politik di Salatiga. Sehingga buku ini akan menjadi informasi di bidang politik bagi masyarakat dan organisasi perangkat daerah.

“Dengan demikian masyarakat akan dapat mengambil keputusan untuk bergabung ke salah satu partai politik yang akan mampu menjadi saluran demokrasi mereka,” tandasnya (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *