• Kam. Apr 25th, 2024

Komunitas Tanam Lestari Bantul Selenggarakan Kontes Tanaman Sayuran

Byabed nego panjaitan

Des 21, 2020

Penulis: K Herman Setiawan

Bantul, PERISTIWAINDONESIA.com |

Komunitas Tanam Lestari Bantul bekerja sama dengan Pemerintah Kabupaten Bantul menyelenggarakan Kontes Tanaman Sayuran, Sabtu-Minggu (19-20/12/2020) dimulai sejak pukul 09.00 WIB pagi-15.00 WIB sore di Pasar Tani Bantul (PASTAB) Komplek Pasar Seni Gabusan, Bantul, DIY.

Kelompok Wanita Tani (KWT) mempunyai peran yang sangat penting dan sangat aktif serta inovatif dalam mengembangkan pembangunan dalam program Ketahanan Pangan di tingkat pedesaan terutama kelompok Wanita Tani di tingkat pedesaan.

Perhatian dan bimbingan para pemangku kepentingan diharapkan dapat meningkatkan produktifitas di lahan pekarangan sehingga berdampak bagi anggota KWT dalam meningkatkan Ketahanan Pangan skala rumah tangga dan diharapkan kedepannya akan dapat membentuk Koperasi.

Adapun jenis tanaman yang diperlombakan tiga jenis tanaman sayuran buah usia dewasa/produktif meliputi: Cabe Rawit, Terong dan Tomat.

Sedangkan kriteria penilaian adalah 1). Segi Teknis (ciri fisik), batang, ranting, Daun dan buah. 2). Segi Estetika (keindahan; keserasian tanaman dan tampilan). 3). Segi ekonomis (prakiraan biaya dan harga jual).

Festival ini diikuti 75 peserta perwakilan KWT se-kabupaten Bantul, dengan Ketua panitia Daldiri ST dan Sekretaris Hari Wibowo SE.

Di kesempatan itu, Ketua Panitia Daldiri ST berharap KWT ke depannya akan mandiri dalam ketahanan pangan, dimulai dari pekarangan rumahnya. Artinya, berangkat dari rumah tangga.

Acara ini dihadiri dinas Pertanian Bantul yang diwakili Himawan selaku Ketua Plt Dewan Koperasi Indonesia Kabupaten Bantul, yang juga sebagai anggota DPRD Bantul Komisi A, bapak Teguh Santoso SE dan Kangjeng Eri Sekretaris Dewan koperasi Indonesia Wilayah Daerah Istimewa Yogyakarta dan juga sebagai Penasehat WRC DIY.

Setelah pemberian hadiah kepada para pemenang, Plt Ketua Dewan Koperasi Kabupaten Bantul mengharapkan Kelompok Wanita Tani ke depan mendirikan Koperasi (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *