Home / Headline / Uncategorized

Selasa, 5 Januari 2021 - 22:18 WIB

Masyarakat Minta Pemkab Bener Meriah Segera Normalisasi Sungai Jamur Ujung

Penulis: Evi Kasmidar

Bener Meriah, PERISTIWAINDONESIA.com |

Hujan deras yang terjadi beberapa hari ini mengakibatkan air sungai yang berada di desa Jamur Ujung kecamatan Wih Pesam kabupaten Bener Meriah propinsi Aceh meluap.

Bahkan air sungai yang berada di belakang rumah warga telah mengikis tebing rumah warga yang berada di pinggiran sungai, sehingga mengakibatkan longsor, Senin (5/1/2021).

Kekuatiran itu pun tampak, tat kala tebing yang longsor telah mendekati halaman belakang rumah warga setempat.

Tidak hanya itu, longsor juga ikut terjadi pada kebun masyarakat Jamur Ujung karena hantaman air bah yang disertai bebatuan besar sehingga terjadinya abrasi pengikisan tanah di sepanjang kebun warga.

Kejadian tanah longsor di belakang rumah warga dan kebun masyarakat terjadi pada Senin malam sekitar pukul 22.00 WIB.

Pada saat kejadian warga yang tinggal di pinggiran sungai itu turut menyaksikan dahsyatnya luapan air sungai yang mengikis tebing kebun warga dan pinggiran rumah warga yang berada di dekat sungai pada saat terjadinya longsor.

Salah seorang warga Jamur Ujung Anto (50) meminta kepada Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bener Meriah terutama Bupati Tgk Sarkawi untuk segera melakukan normalisasi sungai maupun bronjong yang berada di belakang rumah masyarakat Jamur Ujung.

“Saya meminta kepedulian pemerintah daerah kita untuk sigap pada bencana yang saat ini kami alami, dimana kebun saya dan warga lainnya juga ikut longsor. Setidaknya pemerintah daerah melalui BNPB turut andil dalam penyelesaian bencana longsor ini,” ujar Anto diamini warga lainnya.

Sementara itu, Reje Kampung Jamur Ujung Irfan didampingi Kepala Dusun Mekar Utama Musliadi saat di konfirmasi media ini menyampaikan saat ini masyarakat sangat resah akan longsor susulan. Sebab air pembuangan dari bandara Rembele kecamatan Bukit di arahkan ke sungai Jamur Ujung.

Kemudian air pembuangan dari Kabupaten Aceh Tengah kebanyakan, mulai dari retribusi sampai dengan teritit berlabuh ke sungai Jamur Ujung sehingga dampak bencana longsor dan abrasi tanah Kebun warga pun terjadi imbas longsor.

Untuk itu, sambung Reje Kampung Jamur Ujung ini berharap Pemkab Bener Meriah melalui Bupati dan Dinas terkait dapat secepatnya menanggulangi bencana longsor yang berada di belakang rumah warga dengan cara normalisasi sungai maupun pembangunan beronjong (*)

Share :

Baca Juga

Headline

Inilah 49 PP dan 4 Perpres Aturan Pelaksana UU Cipta Kerja

Uncategorized

Deputi Kemenko PMK Apresiasi Pemkab Barat Tangani Pandemi Covid-19

Uncategorized

Wah, Biaya Pemotongan Ranting Pohon Dibandrol Rp1.7 Juta

Headline

Sah, KPU Tetapkan Paslon Nomor Satu Nanang-Pandu Sebagai Pemenang Bupati dan Wakil Bupati Lampung Selatan

Uncategorized

Ketika Akan Membagikan Uang BLT Kades Buangin Tewas Gantung Diri

Headline

KMAK Gelar Aksi, Desak Kejari Nisel Tuntaskan Dugaan Korupsi Dana BOS

Daerah

Upacara Serah Terima Jabatan di lingkungan Polres Pelalawan

Uncategorized

LSM BERKORDINASI Dampingi Korban Penipuan Lapor ke Polisi