Home / Hukum

Minggu, 5 Februari 2023 - 15:56 WIB

NILAI HMI TERHADAP EKSISTENSI NKRI (Refleksi Milad 76 tahun HMI)

Himpunan mahasiswa Islam (HMI), merupakan organisasi kemahasiswaan terbaik di Indonesia. Kebaikan HMI, tentunya karena HMI senantiasa memastikan eksistensinya terhadap semua kepentingan kemaslahatan bangsa dan negara Indonesia, sejak didirikan pada 05 februari 1947, dua tahun setelah deklarasi kemerdekaan republik Indonesia pada 17 agustus 1945.

Perjalanan bangsa dan negara Indonesia sejak kemerdekaannya hingga saat ini, dapat dipastikan tidak terlepas dari nilai HMI, baik yang bersifat personal kader HMI, maupun investasi nilai HMI secara institusi terhadap eksistensi NKRI. Sebut saja, Nurcholish Madjid dan Akbar Tandjung, kedua tokoh HMI ini tentunya merupakan tokoh HMI dari sekian banyak tokoh HMI yang telah juga memastikan investasi strategisnya terhadap eksistensi dan kemajuan bangsa dan negara Indonesia, baik secara personalnya mau secara kelembagaan HMI yang pernah dipimpinnya.

NILAI
Nilai menurut saya: merupakan sesuatu yang tidak bisa dilihat tapi bisa dirasakan pengaruhnya, tentunya guna mengukur sesuatu. Karena nilai adalah sesuatu karya atas ikhtiar seseorang terhadap suatu kepentingan maupun urusan tertentu. Artinya, nilai akan senantiasa hadir dalam setiap kesempatan pada suatu kepentingan dan urusan tertentu. Karena nilai akan membentuk suatu kondisi, baik yang berdampak positif ataupun sebaliknya yang tidak memberikan dampak positif alias nilai yang bersifat negatif.

Nilai HMI, merupakan pengaruh positif yang telah terbentuk sejak didirikannya HMI pada 05 februari 1947. Bahwa pendirian HMI, tentunya memiliki alasan baik dan terukur terhadap kepentingan kemaslahatan berbangsa dan bernegara, sebagaimana telah dipertegas dalam tujuannya ‘yakni terbinanya insan akademis, pencipta, pengabdi yang bernafaskan Islam, dan bertanggungjawab atas terwujudnya masyarakat adil dan makmur yang diridhoi Allah swt (pasal 4 AD HMI).

Dengan demikian, HMI akan senantiasa memastikan eksistensinya sebagaimana tujuannya. Artinya, dalam menjawab dinamika kebangsaan dan bernegara, serta semua problematikanya, maka HMI akan senantiasa hadir untuk turut memberikan nilai terbaik terhadap eksistensi negara kesatuan republik Indonesia. Pertanyaannya, apakah nilai HMI saat ini juga hadir dalam kepentingan berbangsa dan bernegara dengan pelbagai problematikanya?. Maka, tentu jawabannya saya kembalikan kepada para adinda terbaik yang masih aktif sebagai aktivis HMI saat ini.

Harapan kami, HMI harus jauh lebih baik di usianya yang telah masuk pada 76 tahun hari ini. Karena nilai HMI merupakan urgensi terhadap eksistensi negara kesatuan republik Indonesia, dan tentunya menjadi harapan seluruh rakyat Indonesia, dari sabang hingga merauke. Semoga Allah swt senantiasa meridhoi perjuangan kita semua, baik telah menjadi alumni dan para adinda terbaik dan tersayang yang masih aktif pada PB HMI, Badko HMI, Cabang HMI dan HMI komisariat.
YAKIN USAHA SAMPAI
Saiful Chaniago/Ketua Badko HMI Maluku-Maluku Utara 2006-2008

Oleh: Saiful Chaniago/Wasekjend SOKSI/alumni HMI

Share :

Baca Juga

Headline

LKBH Soksi Akan Melanjutkan Proses Hukum atas Ungkapan Fitnah Mahadi yang Mengaku Oknum Soksi

Daerah

Caleg Hanura Supriyadi Alaina Ajak Perang LSM dan Media.

Daerah

Imigrasi Sibolga Tangkap DPO WNA Nepal Yang Kabur Dari Rumah Detensi Medan.

Hukum

Ketua Presidium FPII Tugaskan Arthur Noija SE.SH Terkait Penyelesaian Sengketa Lahan RSUD Pasar Minggu

Hukum

Polres Bengkayang Tangkap Sdr Awang (Wakil Ketua DPC TBBR Kabupaten Bengkayang), Pelaku Pelecehan Seksual Terhadap Anak

Hukum

Kornas DPP LSM Berkoordinasi Soroti Kinerja Kepolisian Sektor Telukjambe Dalam Penanganan Gudang Mafia BBM Subsidi di Karawang Telukjambe

Hukum

Kapolda Sumut Letakkan Batu Pertama Pembangunan Rumah Susun Dan Fasumdit Samapta

Hukum

Program Jaksa Masuk Sekolah, Kiat Pengelolaan Dana BOS Berdasarkan Juknis Dan Aturan