Home / Daerah

Kamis, 8 April 2021 - 22:55 WIB

Pemetaan Konflik Sosial, Deteksi Dini Jaga Toleransi Antar Masyarakat di Tegalrejo

Penulis: K Herman Setiawan

Yogyakarta, PERISTIWAINDONESIA.com |

Ketua Forum Kewaspadaan Dini Masyarakat Kemantren Tegalrejo, Yogyakarta Monda Saragi SH MSi menyampaikan pentingnya kewaspadaan dini masyarakat dalam menjaga toleransi antar masyarakat dalam bingkai Bhinneka Tunggal Ika.

Hal ini disampaikannya, Kamis malam (8/4/2021) di Gedung Pertemuan Lt 2 Kemantren Tegalrejo di Jl Tompeyan III No 219, Tegalrejo, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Acara dibuka langsung Pamong Praja Kemantren Tegalrejo Drs Antariksa Agus Purnama MSi bersama Danramil dan Kapolsek Tegalrejo.

Penyampaian materi pertama disampaikan oleh Andy Reza SH MM MA menyampaikan berbagai sebab akibat timbulnya konflik di masyarakat dengan solusi sederhana yang bisa dilakukan, antara lain dengan cara menghindari, mengurangi dan beradaptasi.

Narasumber Kedua Supriyandono SH MH mengajak peserta untuk membangun sistim mitigasi konflik sosial berdasarkan pemetaan partisipatif berbasis pendekatan teritorial dan sektoral.

Di akhir kegiatan dilaksanakan dialog dengan tokoh masyarakat dengan para narasumber yang hadir. Kegiatan ini diharapkan akan bisa membantu meredam kondisi di wilayah masing-masing melalui pemetaan partisipatif warga masyarakat terhadap kelompok rentan konflik dan tempat serta kerentanan berbasis sektoral (*)

Share :

Baca Juga

Daerah

Bupati Nanang Ermanto Terima Audensi PGSI Dan Forum Guru Ngaji Se-Kabupaten Lamsel

Daerah

DPRD Langkat Gelar Paripurna Memperingati Hari Jadi Ke 274

Daerah

Jadi Tonggak Sejarah, Bupati Nanang Ermanto Letakkan Batu Pertama Pembangunan Balai Desa Sabah Balau

Daerah

Pemkab Lamsel Musrenbang RKPD Tahun 2022 di Kecamatan Katibung

Daerah

Komjen Pol Listyo Sigit Prabowo Selalu Dekat Di Hati Para Kyai, Ulama Dan Masyarakat Banten

Daerah

Polres Tapanuli Tengah Gelar Upacara Kesadaran Nasional

Daerah

Pemkab. Tapanuli Tengah Terima Penghargaan Peringkat Proper Dan Sekolah Adiwiyata.

Daerah

Dengan Pembinaan Pj. Bupati Tapanuli Tengah Dr. Sugeng Riyanta,SH.MH, Salah Seorang Kades Memuntahkan Dana Desa Yang Sempat Disalahgunakan.