Home / Daerah

Selasa, 27 Februari 2024 - 23:38 WIB

Pj. Bupati Tapanuli Tengah – Sumut Serahkan Bantuan Alsintan Terhadap 7 Kelompok Tani.

Tapteng, Peristiwaindonesia.com

Pj Bupati Kabupaten Tapanuli Tengah (Tapteng) Sumut Dr. Sugeng Riyanta, S.H., M.H., menyerahkan bantuan Alsintan kepada Tujuh POKTAN di Tapteng, Selasa 27 Februari 2024.

Dengan dihadiri Plh Asisten Pemerintahan dan Kesra Drs. Hikmal Batubara, Plt. Asisten Perekonomian dan Pembangunan Siti Alam S.Pd.

Asisten Administrasi dan Umum Dra Nurjalilah, Plt Kadis Pertanian Nurhalimah Hutagalung S.T.P., para Camat, Kepala Lurah/Desa serta KOPTAN penerima bantuan.

Sugeng, menyampaikan ada tujuh POKTAN jadi perhatian Pemerintah Pusat dan Pemprovsu menerima Alsintan tentunya jadi nikmat dan disyukuri. ujarnya usai penyerahan bantuan di Halaman Kantor Bupati Jln. Dr. Ferdinand Lumban Tobing, Kota Pandan Tapteng.

Lebih lanjut Sugeng mengharapkan Kepala Desa dan Ketua Perkumpulan Aparatur Pemerintah Desa Seluruh Indonesia (PAPDESI) Tapteng betul-betul memberdayakan masyarakat, ucapnya.

Berikan penjelasan kepada masyarakat, sejatinya Pemerintah melalui APBN dan APBD Sumut juga memberikan alokasi dana bantuan melalui Hibah untuk membantu masyarakat mendapatan bantuan berupa Bantuan Alsintan, ungkapnya.

Sehingga sistem pertanian semakin modern tentu berdampak percepatan peningkatan mutu pengelolaan tanah, jelas Pj. Bupati.

Peningkatan intensitas pertanaman, efisiensi biaya produksi, penyelamatan kehilangan hasil, peningkatan mutu hasil, dan peningkatan pendapatan petani. tambahnya.

ÔÇťAlsintan semakin modern, tentu membutuhkan pentingnya kehadiran Penyuluhan Pertanian, dengan jumlah Penyuluh Pertanian sebanyak 60 orang.

Harus diberdayakan untuk membina sekitar 762 Kelompok Tani yang ada di Tapteng. Saya mengucapkan selamat kepada KOPTAN yang mendapatkan Bantuan Alsintan.

Saya berpesan agar bantuan digunakan dengan baik, jangan dijual, semoga alat ini bermanfaat dan dapat meningkatkan hasil pertanian, untuk pemakaian jangka panjang kiranya Alsintan ini dirawat dan dijaga dengan baik, katanya.

Adapun jenis, jumlah dan KOPTAN penerima bantuan Alsintan bantuan APBN (Direktorat Jenderal Tanaman Pangan Kementerian Pertanian T.A. 2024).

Diantaranya Combine Harvester (Pemanen Padi Otomatis) satu unit diserahkan kepada Kelompok Tani Martunas Desa Pargarutan Kecamatan Sorkam.

KOPTAN Martunas dapat satu unit Hand traktor ( Membajak Sawah) bersumber dari dana APBD Sumut melalui Dinas Ketahanan Pangan, Tanaman Pangan dan Holtikultura Provinsi Sumut T.A 2024.

KOPTAN Indah sejati Lumut satu unit Cultivator (penggembur tanah).

KOPTAN Aek Bottot Tukka mendapatkan satu unit Cultivator (penggembur tanah).

Sebanyak 35 unit Handsprayer (alat semprot) bersumber dari dana APBD Provinsi ( Dinas Ketahanan Pangan, Tanaman Pangan, dan Holtikultura Provinsi Sumut T.A 2024), Diserahkan masing-masing tujuh unit.

KOPTAN Martunas Kecamatan Sorkam tujuh unit.

KOPTAN Saroha Desa Mombangboru Kecamatan Sibabangun, tujuh unit.

KOPTAN Karya Desa Lopian Kecamatan Badiri, tujuh unit.

KOPTAN Makmur Desa Sitio Tio Hilir Kecamatan Pandan tujuh unit.

KOPTAN Gabe Marsada Desa Parjalihotan Baru Kecamatan Pinangsori tujuh unit.

Kelompok Tani (POKTAN) adalah kumpulan petani, peternak, pekebun yang dibentuk oleh para petani atas dasar kesamaan kepentingan, kesamaan kondisi lingkungan sosial, ekonomi, dan sumberdaya, kesamaan komoditas, dan keakraban untuk meningkatkan dan mengembangkan usaha anggota.

Alat dan mesin pertanian atau Alsintan merupakan alat-alat yang digunakan dalam bidang pertanian untuk melancarkan dan mempermudah petani dalam mengolah lahan dan hasil-hasil pertanian

Sahiluddin

Share :

Baca Juga

Daerah

Masyarakat Puji Kepemimpinan Pj. Bupati Tapteng Dr. Sugeng Riyanta,SH.MH.

Daerah

Pj. Bupati Tapanuli Tengah Lakukan Pelaporan SPT Secara Online, Pertama se-Sumut.

Daerah

Kelurahan Caturtunggal Depok Adakan Pembinaan dan Rapat Koordinasi Bersama Linmas

Daerah

Pj. Bupati Dr. Sugeng Riyanta,SH.MH Shalat Jum’at di Masjid Budi Luhur Kota Pandan Kab. Tapanuli Tengah Sumut

Daerah

Sekretaris Dinas Pendidikan Provinsi Sumut Kunker di SMAN I Pematang Bandar

Daerah

Polres Kota Sibolga Beri Penyuluhan dan Sosialisasi di Kantor

Daerah

Pj. Bupati Dr. Sugeng Riyanta, SH.MH Syafari Ramadhan Di Kecamatan Badiri Kab.Tapanuli Tengah, Sumatera Utara

Daerah

LSM GMBI KSM Penengahan Bagikan Infak Shodaqoh di Enam Desa