Home / Daerah

Kamis, 2 Mei 2024 - 09:04 WIB

Pj. Sekdakab Tapanuli Tengah Resmi Buka Kegiatan Aksi 1 Penurunan Stanting

PANDAN, Peristiwaindonesia.com ~ Pj. Sekretaris Daerah Kabupaten Tapanuli Tengah Dr. Erwin Hotmansah Harahap, S.STP, MM membuka secara resmi kegiatan Aksi 1 dalam penurunan Angka Stunting di Kabupaten Tapanuli Tengah, Kegiatan ini dilaksanakan di Hotel Hasian Pandan. Pada Selasa (30/04/2024).

Stunting adalah kondisi gagal tumbuh pada anak berusia dibawah lima tahun (balita) akibat kekurangan gizi kronis dan infeksi berulang terutama dalam 1.000 Hari Pertama Kehidupan (HPK). Kegiatan ini merupakan salah satu kegiatan untuk merumuskan tindak lanjut kegiatan percepatan penurunan stunting karena Program Stunting ini merupakan salah satu program prioritas Nasional yang akan berdampak kepada daya saing bangsa.

Pj. Sekda Tapteng Dr. Erwin Hotmansah Harahap, S.STP, MM menyampaikan bahwa Presiden telah mengeluarkan perpres nomor 72 tahun 2021 tentang percepatan penurunan stunting, yang mana implementasi dari peraturan presiden tersebut adalah telah disusun dalam Rencana Aksi Nasional
Pasti (RAN-Pasti) sebagai pedoman dan panduan bagi Pemerintah pusat, daerah hingga level desa dalam melaksanakan program percepatan penurunan stunting. Yang mana Pemerintah Telah menargetkan Prevalensi stunting menurun menjadi 14 % di Tahun 2024 sehingga di Tahun 2030 di targetkan Indonesia Bebas Stunting.

Angka stunting di Kabupaten Tapanuli Tengah juga sudah Mengalami Penurunan yang mana sebesar 6,7 % yang pada 2022 angkanya masih 30,5 % tetapi di Tahun 2023 sudah 23,8 %. Sehingga disini kita harus berupaya terus menurunkan angka stunting ini. Melakukan Program program yang nyata yang dapat terhadap perbaikan tumbuh kembang anak. Hal ini di tingkat Kabupaten kita melakukan program, didesa juga harus dilakukan melalui dana desa yang dimiliki. Kabupaten Tapanuli Tengah ini memiliki potensi yang bagus karena Garis pantai yang sangat panjang sehingga masyarakat diharapkan berupaya untuk memanfaatkan kondisi alam ini, potensi Ikan kita cukup tinggi sehingga pemenuhan protein untuk anak bisa terjaga.

Turut hadir Asisten Administrasi dan Umum, Kadis PP dan KB Tapteng, kadis Sosial Tapteng, Kadis lingkungan Hidup Tapteng, serta perwakilan OPD Teknis yang terlibat. Red / Tim

Share :

Baca Juga

Daerah

Aparat Penegak Hukum Didesak Proaktif Udut Kasus Dana Desa, Desa Makarti Nauli Tapanuli Tengah

Daerah

Buntut Pemberitaan, Puluhan Wartawan Demo Ke Kantor Polres Tapanuli Tengah.

Daerah

Open House Tahun Baru 2024 di Sirapit, Ini Doa & Harapan Plt Bupati Langkat

Daerah

ABDI SAPMA DIBATAS NEGERI Disambut Baik Masyarakat Kalbar

Daerah

DPD II Partai Golkar Kota Sibolga Kembali Usung H. Jamaluddin Pohan menjadi Calon Petahana.

Daerah

Normalisasi Sungai Parmaldoan Tapteng Usulan Prioritas Musrenbang Prov. Sumut.

Daerah

Pj Bupati Langkat Faisal Hasrimy start bangun ruang terbuka hijau di 10 Kecamatan se-Kabupaten Langkat

Daerah

Pj. Bupati Tapteng : “NAHKODA” Pemkab Tapteng “BERSINAR” Rakyat Nyaman