Home / Daerah

Senin, 15 November 2021 - 18:40 WIB

Tugas Bersama Mempersiapkan Generasi Emas Anak Bangsa

Penulis: Dedy Hutasoit

Taput, PERISTIWAINDONESIA.com |

Komunitas Akal Sehat dan Bermartabat kembali mengadakan Kegiatan GEBUK (Gerakan Berbagi Buku), Minggu (14/11/2021) di Desa Simamora – Hasibuan di Kecamatan Pagaran Kabupaten Tapanuli Utara.

Acara GEBUK ini, dilaksanakan untuk anak – anak Sekolah Minggu HKI Simamora, GKPI Hasibuan, GKLI Pardamean, dan GPDI Gunung Karmel Simamora.

Tim Gebuk mengikuti Kebaktian Minggu di Gereja GKLI Pardamean Ressort Sitamba

Ketua Umum PP IASTA Indonesia Frengki R Parapat mengajak para orang tua yang hadir untuk memberikan waktu dan ruang kepada anak – anak mereka untuk belajar.

“Jangan bebani anak – anak ini dengan pekerjaan di ladang secara terus menerus. Habis sekolah mereka pergi ke Ladang, maka mereka akan lelah dan tidak akan gairah lagi untuk belajar. Kita tidak akan melihat generasi yang berhasil di masa yang akan datang, jika kita tidak membudayakan anak untuk rajin membaca,” terangnya.

Untuk itu, Frengki mengajak mempersiapkan Generasi Emas Anak Bangsa yang sehat dan bermoral.

“Tugas kita bersama, bukan hanya tugas guru di sekolah. Jika kita tidak membimbing anak – anak kita, maka dimasa yang akan datang tidak akan ada lagi anak-anak yang akan menjadi Jenderal, Bupati, Gubernur dan Menteri. Mari kita ajari anak – anak dengan ilmu budi pekerti yang bersumber dari Alkitab dan Kathekismus, karena disitulah dasar pendidikan kristen, sehingga pondasi moral sudah tertanam mulai dari kecil,” tambahnya.

Di kesempatan itu, dr Lily Carolyn Hutabarat MKM (ASN Toba) menyampaikan peranan orang tua sangat penting dalam menjaga Kebersihan, mulai kuku dan rambut.

“Anak – anak tidak akan bergairah belajar, jika Pola Hidup Sehat tidak dilaksanakan dengan Baik. Interaksi antara Ibu Dokter dan anak dilakukan dengan memeriksa kuku anak – anak. Jika kotor, dijelaskan bahayanya. Budaya 2 kali mandi dalam 1 hari harus diterapkan,” tandasnya.

Selain itu, dr Lily Carolyn Hutabarat juga menerangkan pentingnya kebutuhan gizi untuk anak, tidak perlu yang mahal, cukup tanaman yang berada di sekitar rumah saja.

Ibu Dokter ini juga menjelaskan bagaimana menjaga kesehatan Gigi setiap hari, cara menggosok gigi yang benar, dan menjaga kesehatan mulut, cara memakai masker yang benar dan tetap melaksanakan aturan kesehatan di saat Pandemi Corona belum usai.

Hadir juga Prodi Pendidian Penyuluh Agama FIPK IAKN Tarutung dipimpin Taripar Arifin Samosir SSos MSi (Wadekan II) dan Sekretaris Prodi Hermanda Ihut Tua SMTI. Hadir pula mahasiswa antara lain Ronald Yadafat, Geisler Epeti (Asal Papua – Program Beasiswa Kami Cinta Papua – Program Dirjen Bimas Kristen), Astika Warni Siregar, Josua Angret Panggabean.

Dalam Orasinya, Taripar Arifin Samosir mengatakan, bangsa ini besar karena ada proses regenerasi.

“Anak – anak ini harus kita persiapkan sedini mungkin, menjauhkan ketergantungan anak pada Android. Sehingga daya pikir dan keseimbangan otak kiri dan kanan terjaga. Anak – anak saat ini terganggu dengan proses belajar ditengah Pandemi, kejenuhan terjadi, dan beban orang tua pada proses belajar anak juga sangat tinggi,” timpalnya.

Taripar Arifin Samosir juga memperkenalkan Kampus IAKN Tarutung, dengan Prodi – prodi yang ada di dalamnya.

“Kampus siap menerima anak – anak yang berprestasi untuk memperoleh Beasiswa di Kampus IAKN Tarutung,” ujarnya.

Mahasiswa Asal Papua yang hadir menunjukkan kreasinya dan anak – anak banyak yang tersenyum dan mengenal langsung Mahasiswa Papua yang hadir di tengah kegiatan ini.

Dari Tim Komunitas Akal Sehat dan Bermartabat hadir JR Sitompul, Dedy Hutasoit, Gio M Nababan (Mahasiswa Fak Ilmu Kedokteran), jagoan Cilik Fidel Parapat yang menyerahkan langsung bingkisan kepada anak – anak yakni Alkitab, Kathekismus, buku, Alat Mandi, Susu, dan roti (*)

Share :

Baca Juga

Daerah

Laka Tunggal, 1 Orang Meninggal, 8 Perawatan Intensif di Puskesmas Kolang Tapanuli Tengah.

Daerah

Raih Adipura, Pemerintah Kabupaten Langkat Gelar Syukuran bersama Pejuang Kebersihan

Daerah

Polres Tapteng Kunjungi Pos PengamanannLebaran Bandara DR. FL. Tobing Pinangsori.

Daerah

HMI Kota Salatiga Salurkan Bantuan Bencana Alam Melalui PMI

Daerah

Kadis PMD Tapanuli Tengah Sumatera Utara Diminta Pertanggungjawaban Penggunaan ADD / DD

Daerah

Mewakili Plt Bupati Langkat, Asisten Adm Umum Musti menghadiri Grand Final Putra-Putri Langkat.

Daerah

DPRD Kabupaten Langkat RDP dengan Aliansi Guru Honorer PPPK

Daerah

Buntut Pemberitaan, Puluhan Wartawan Demo Ke Kantor Polres Tapanuli Tengah.