Home / Daerah

Selasa, 23 Januari 2024 - 06:35 WIB

DPRD Langkat Gelar Paripurna Memperingati Hari Jadi Ke 274

Penulis: Muhammad Salim

Langkat,PERISTIWAINDONESIA.com

DPRD Kabupaten Langkat gelar rapat paripurna memperingati Hari Jadi Kabupaten Langkat ke 274 tahun yang mengusung tema “Melangkah Bersama Mewujudkan Langkat Sejahtera dan Berbudaya”, Rabu (17/1/2024).

Dipimpin Ketua DPRD Langkat Sribana Perangin Angin, rapat paripurna Hari Jadi Kabupaten Langkat yang setiap tahunnya diperingati tanggal 17 Januari sesuai Peraturan Daerah nomor 11 tahun 1995, merupakan momentum acara puncak peringatan sejarah lahirnya Kabupaten Langkat tampak meriah dengan dihadiri Pj. Gubernur Sumatera Utara diwakili Ir. Suherman, M.Si Staf Ahli Gubsu Bidang Pendidikan, Kesehatan, Infrastruktur dan Pemberdayaan Masyarakat, Plt. Bupati Langkat H. Syah Afandin, unsur Forkopimda Langkat, anggota DPR RI Delia Pratiwi dan Prof. Djohar Arifin Husin, Wakil Walikota Binjai, Sultan Langkat, Tuan Guru Babussalam,Sekda, Kepala SKPD, Anggota DPRK Aceh Tengah, Dansat TNI/Polri, Tokoh Agama, Pemuda dan Masyarakat Langkat serta para tamu yang memadati gedung DPRD Langkat yang beralamat di Jalan Tengku Amir Hamzah No. 2 Stabat.

Dengan ucapan tabek salam pembuka adat melayu dan dua bait pantun diucapkan Ketua DPRD Langkat sebagai kata pembuka rapat paripurna, Sribana menyampaikan bahwa Peringatan Hari Jadi Kabupaten Langkat sebagai momen merefleksikan perkembangan Kabupaten Langkat dari masa ke masa.

Karena itu Ketua DPRD Langkat mengucapkan terima kasih kepada pelaku sejarah yang telah mengabdikan diri tanah melayu negeri betuah Kabupaten Langkat.

Dalam paripurna ini secara singkat Sekda Langkat, Amril, menjelaskan bahwa penetapan Hari Jadi Kabupaten Langkat berdasarkan tinjauan dari aspek pemerintahannya, bukan dari aspek munculnya komunitas orang yang pertama di Langkat, yang mana sistem pemerintahan diawali oleh sistem Kerajaan Langkat yang didirikan oleh Raja Kahar di Kampung Inai pada tanggal 17 Januari 1750.

Selanjutnya Plt. Bupati Langkat H. Syah Afandin dalam amanatnya mengajak 14 etnis yang ada di Kabupaten Langkat yakni etnis melayu, karo, jawa, mandailing, banjar, batak toba, aceh, minang, banten, dairi, simalungun, bali, tionghoa dan nias dengan berbagai adatnya dan budayanya dapat menjadi pemersatu dan saling mendukung demi memajukan Langkat.

Ia juga meminta dukungan Pemprovsu untuk memajukan pariwisata di Kabupaten Langkat dengan perhatian dan pembenahan terhadap akses infrastruktur jalan.

Terhadap permintaan dukungan infrastruktur jalan ini langsung terjawab sesuai pidato Pj. Gubsu yang dibacakan Staf Ahli Gubsu, Suherman, yang menyampaikan bahwa Kabupaten Langkat menjadi salah satu prioritas pembangunan infrastruktur jalan menggunakan dana APBD Provinsi Sumatera Utara, dimana Langkat menjadi urutan nomor dua se Sumatera Utara dengan panjang jalan yang akan dibangun sejauh 40,29 kilometer.

Dikesempatan itu, Pj. Gubsu menghimbau kepada semua elemen masyarakat daerah agar memberikan dukungan dan partisipasi menjaga kekondusifan serta ketertiban untuk kesuksesan penyelenggaraan pemilu dan pilkada serentak tahun 2024 yang akan dilaksanakan pada tanggal 14 Februari 2024 dan bulan November 2024.

Menutup rapat paripurna, Ketua DPRD Langkat Sribana Perangin Angin mengucapkan terima kasih semua tamu yang berhadir demi memeriahkan Hari Jadi Kabupaten Langkat ke 274 dan dua bait pantun pun dirangkaikan Ketua DPRD sembari mengucapkan “Dirgahayu Langkat ke 274 tahun 2024, Semoga Langkat Semakin Jaya”.  ( Red ).

Share :

Baca Juga

Daerah

Warga Bukit Selamat Keluhkan Air Bersih dan PKH Pada Saat Reses

Daerah

Pj. Sekdakab Tapanuli Tengah Membuka Secara Resmi Seleksi Calon Direksi PT. Sarana Pembangunan Tapian Nauli

Daerah

Di Rokan Hilir, Diduga Mafia Tanah, Ancam Dihabisi Warga Yang Tanahnya Diserobot.

Daerah

Bupati Dukung Penuh Basarnas Mamuju Bentuk Unit Siaga SAR di Polman

Daerah

Syah Afandin perjuangkan nasib PPPK, menemui Dirjen GTK Kemendikbudristek RI di Jakarta

Daerah

Polres Kota Sibolga Patroli ke Seluruh SPBU, Antisipasi Kecurangan.

Daerah

Petinggi Partai “N” Yang Juga Mantan Bupati Tapteng Dengan Pongah Tak ber-etika, nyelonong Mengganggu Panitia Perhitungan Suara di Kantor Kecamatan Sambas Kota Sibolga-Sumut.

Daerah

Plh Bupati Buka Musrenbang, Kecamatan Sidomulyo Akan Peroleh Rp 30 Milyar