Home / Daerah

Selasa, 23 Januari 2024 - 06:41 WIB

Pemkab Langkat Komitmen Wujudkan Pendidikan Berkualitas & Merata

Penulis: Muhammad Salim

Langkat,PERISTIWAINDONESIA.com

Plt.Bupati Langkat H.Syah Afandin SH diwakili Staf Ahli Bid. Pemerintahan, Hukum dan Politik Drs. H. Rudi Kinandung MAP menjadi pembina apel gabungan di lingkungan Pemerintah Kabupaten Langkat, di Halaman Kantor Bupati Langkat, (22/01/2024).

Dalam pidatonya, Rudi Kinandung menyampaikan, kita patut berbangga pada program pendidikan guru penggerak ini, sebab sampai saat ini masih dapat mengawal pelaksanaan program guru penggerak dari setiap angkatan di Kabupaten Langkat. Hal ini sebagaimana komitmen Pemerintah Daerah dalam mensukseskan program merdeka belajar.

Pendidikan guru penggerak adalah merupakan salah satu program prioritas dari kebijakan Kemendikbud ristek tentang merdeka mengajar yang tujuannya untuk menyiapkan para guru menjadi pemimpin pembelajaran.

Dikatakan guru penggerak ini disampaikan menjadi pemimpin pembelajaran yang mendorong tumbuh kembang murid secara holistik, aktif dan proaktif dalam mengembang pendidikan lainnya serta menjadi teladan dan agen perubahan ekosistem pendidikan.

“Saya mengapresiasi setinggi-tingginya kepada seluruh guru penggerak yang telah meluangkan program pendidik guru penggerak,” ujarnya.

Sebab pendidikan, lanjut Rudi Kinandung, adalah yang sangat penting dalam mempengaruhi kemajuan bangsa dan oleh karena itu untuk mencapai tujuan pendidikan serta persiapan SDM unggul dan berdaya saing pastinya membutuhkan transformasi pendidikan yang mengedepankan kualitas salah satunya meningkatkan kemampuan kepemimpinan pembelajaran guru melalui program pendidikan guru penggerak.

Sesuai Peraturan Menteri Pendidikan Kebudayaan resep dan teknologi nomor 26 Tahun 2022, mengamanatkan bahwa guru penggerak memiliki kemampuan merencanakan, melaksanakan dan merefleksikan pembelajaran yang sesuai dengan kebutuhan peserta didik dengan berbasis data, mampu berkolaborasi dengan orang tua, teman sejawat dan komunitas untuk mengembangkan visi misi dan program satuan pendidikan.

Pemerintah Kabupaten Langkat sangat berkomitmen untuk mewujudkan pendidikan yang berkualitas dan merata di seluruh wilayah Kabupaten Langkat dengan tidak terlepas dari kualitas pendidikannya.

“Saya tugaskan kepada Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Langkat agar terus mengadakan sosialisasi dan pendampingan terkait program guru penggerak ini, guna menemukan semangat guru-guru lain untuk menyusun rekan-rekan mereka menjadi guru penggerak,” imbuhnya.

Pada kesempatan ini Staf Ahli Bid. Pemerintahan, Hukum dan Politik Drs H. Rudi Kinandung MAP selaku yang mewakili Plt.Buapti Langkat menyerahkan trophy dan piagam penghargaan kepada Stand UMKM Terbaik dalam pameran bazar peringatan Hari Jadi Kabupaten Langkat 274.

1.Terbaik pertama diraih oleh Kecamatan Bahorok.
2.Terbaik Ke dua diraih oleh Kecamatan Tanjung Pura.
3.Terbaik ke Tiga diraih oleh Kecamatan Pematang Jaya.  ( Red ).

Share :

Baca Juga

Daerah

Pj. Sekdakab Tapanuli Tengah Secara Resmi Buka TMMD Ke- 120 Tahun 2024

Daerah

Guru Besar UMSU, Siap Ramaikan Bursa Pilkada Deli Serdang

Daerah

Bupati Minahasa Utara Ikut Rakor Bersama Jokowi di Kantor Mendagri

Daerah

Hadiri Pisah Sambut Komandan Batalyon Infantri, Faisal Hasrimy Siap Mendukung Program Kerja Danyonif 100 PS

Daerah

Polresta Sibolga Amankan 4 Orang Kasus Penyalahgunaan Narkotika

Daerah

Pulang Kampung ke Siborongborong, AKP Jhanpiter Napitupulu Tiap Tahun Ajak Warga “Bona Taon”

Daerah

Pj.Bupati Langkat ajak keroyokan penangan Stunting di Langkat

Daerah

Gapoktan Terima Bantuan Alsintan Dari Pemerintah Pusat, Nanang Harap Ketahanan Pangan Di Lampung Selatan Semakin Kuat