• Sel. Apr 23rd, 2024

Kakan Kemenag Pantau Ujian Tingkat MA ke Sejumlah Madrasah

Byabed nego panjaitan

Mar 15, 2021

Penulis: Muh Saifullah

HALSEL, PERISTIWAINDONESIA.com |

Pelaksanaan Ujian Madrasah (UM) tingkat Madrasah Aliyah (MA) di lingkungan Kantor Kementerian Agama Kabupaten Halmahera Selatan (Halsel) secara serentak digelar, Senin (15/03/2021).

Pelaksanaan Ujian Madrasah diawali dengan upacara pembukaan sekaligus apel pagi oleh Kakan Kemenag H La Sengka La Dadu yang dipusatkan di Madrasah Aliyah An-Nur Gandasuli Kecamatan Bacan Selatan.

Turut terlihat mendampingi Kakan Kemenag, Kepala Seksi Pendidikan Islam Husain Jafar.

Di kesempatan itu, Kakan Kemenag menyampaikan pelaksanaan Ujian Nasional pada tahun ini bertepatan dengan adanya  pandemi Covid – 19.

Pemerintah dalam hal ini Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan dan Kementerian Agama meniadakan ujian Nasional, baik UN tingkat SMA/MA dan UN SMP/MTs dan hanya dilaksanakan Ujian Madrasah (UM) dan Ujian Sekolah (US) dalam mengukur keberhasilan peserta didik  selama mengikuti pelajaran di Madrasah dengan tetap memperhatikan ketuntasan seluruh aspek penilaian.

Kepada seluruh peserta, Kakan Kemenag berpesan untuk fokus menyelesaikan setiap pertanyaan dan bertekad meraih hasil maksimal dan tetap menjaga marwah Madrasah.

“Bagi adik-adik sekalian yang akan melanjutkan pendidikan ke jenjang selanjutnya saya berpesan agar tetap menjaga nama baik Madrasahnya dan mampu berkompetensi dengan meraih hasil yang maksimal,” pesannya.

Sebelumnya, terkait hasil kelulusan siswa, Kepala Seksi Pendidikan Islam Husain Jafar menyampaikan pedomam Surat Edaran Dirjen Pendis No B.-298/DJ.I/ PP.00/02/2021 tentang Penyelenggaraan Kelulusan dan Kenaikan Kelas Siswa Madrasah.

Siswa Madrasah dinyatakan lulus setelah memenuhi tiga syarat. Pertama, menyelesaikan program pembelajaran pada masa pandemi Covid-19 yang dibuktikan dengan rapor tiap semester.

Kedua, memperoleh nilai sikap/perilaku minimal ‘Baik’. Ketiga, mengikuti Ujian Madrasah (UM) yang diselenggarakan oleh satuan pendidikan (Madrasah).

Upacara pembukaan Pelaksanaan Ujian Madrasah pada MAS An-Nur Gandasuli dilanjutkan dengan Penyerahan naskah soal ujian yang diserahkan oleh Kepala Madrasah Suhaimi Soamole kepada panitia ujian Madrasah dan disaksikan oleh Kakan Kemenag dan Kasi Pendis.

Selesai membuka pelaksanaan ujian Madrasah di MAS An-Nur Gandasuli, Kakan Kemenag melakukan pemantauan ke MAS Al – Khairaat Labuha dan MAS Babang Kecamatan Bacan Timur.

Selain Kakan Kemenag dan Kasi Pendidikan Islam, Pelaksanaan Ujian Madrasah dipantau langsung dan diawasi  oleh seluruh pengawas Madrasah ke beberapa Kecamatan yang melaksanakan UM Tingkat MA tahun pelajaran 2020/2021 (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *