• Sab. Feb 24th, 2024

Kawal Sejumlah Kasus, LSM Dan OKP Bentuk Koalisi Di Halsel

Byabed nego panjaitan

Mar 22, 2021

Penulis: Muh Saifullah

HALSEL, PERISTIWAINDONESIA.com |

Sejumlah Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) dan OKP di wilayah kabupaten Halmahera Selatan (Halsel) kini menyatukan pergerakannya untuk mengawal berbagai kasus.

Pertemuan bersama tersebut diinisiasi DPD LSM Lira Indonesia Kabupaten Halsel, Sabtu malam (20/03/2021) di Sekretariat DPD LSM Lumbung Informasi Rakyat (LIRA) di jalan Raya Tomori Babang depan Apotek Kimia farma desa Tomori Kecamatan Bacan kabupaten Halsel.

Pada pertemuan tersebut turut Hadir Bupati LSM LIRA Halsel Samsudin Kalam, Ketua LSM Kalesang Anak Negeri (KANE) Risal Sangaji, Ketua DPD LKPK Kabupaten Halsel Risman Lesmana, mewakili Ketua LSM LP2TRI Fahrudin Umar, Ketua LSM PETA Maluku Utara Hakun S Tomagola, mewakili Ketua LSM Peduli Pembangunan Ridwan Sangaji, Ketua LSM Jouronga Fondation Jamrud Jaid, Ketua Laskar Merah Putih Perjuangan Maluku Utara Said Alkatiri, Ketua KAMMI Daerah Halsel Muhklas Adam SPi, mewakili Ketua HMI Cabang Halsel Risno Ali dan Ketua GMNI Kabupaten Halsel Sumitro Komdan beserta jajaran pengurus lainnya.

Pada pertemuan tersebut telah disepakati beberapa poin penting diantaranya membentuk pergerakan dengan mengatasnamakan Front Pergerakan LSM dan OKP (FPLO) Kabupaten Halmahera Selatan.

Dan menunjuk Kordinator Pergerakan Samsudin Kalam sebagai Ketua dan Risal Sangaji sebagai Sekretaris.

Selanjutnya pada awal pergerakan ini untuk menindaklanjuti sejumlah kasus diantara:

  1. Menyikapi Laporan yang mangkrak di meja penyidik lembaga otoritas hukum di daerah Halsel, yang diduga tanpa proses tindak lanjut.
  2. Menyikapi persoalan dana hibah untuk bantuan LSM dan OKP di daerah yang diduga disunat oleh instansi terkait sehingga tidak sesuai dengan besaran alokasi yang tertera pada SK Bupati Kabupaten Halmahera Selatan.
  3. Dugaan pemangkasan Anggaran HUNTAP di wilayah pasca dampak Gempa 7,2 SR di wilayah Gane.

Di kesempatan itu, Sekretaris Daerah DPD LSM LIRA Halsel Nasarudin Kausaha SIP kepada media ini mengatakan bahwa inisiasi ini dilakukan guna menyatukan misi pergerakan sejumlah LSM dan OKP se-kabupaten Halsel.

Dikatakannya, dengan adanya pertemuan yang dilangsungkan perdana ini akan dapat mempererat hubungan antar lembaga sosial kontrol yang ada di kabupaten Halsel.

“LSM dan OKP selama ini masih terkesan berjalan sendiri -sendiri atau masih nampak tercerai-berai dengan kepentingan atas nama lembaga sendiri. Hal ini tentunya dapat merapuhkan kepentingan lembaga dalam mengawal kepentingan sosial. Maka sudah saatnya tampil bersama untuk menyatukan kekuatan mental dan hati nurani dengan terobosan yang kreatif untuk menghasilkan gagasan pembaharuan untuk kepentingan pembangunan di daerah ini dan merealisasikan esensi keberadaan LSM dan OKP sebagai lembaga sosial kontrol,” ujarnya.

Lanjut Nas biasa sapaan pria ini, Front Pergerakan LSM dan OKP yang telah terbentuk ini dalam waktu dekat bakal dideklarasikan (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *