Home / Daerah

Kamis, 4 April 2024 - 09:13 WIB

Kepala Desa Hurlang Muara Nauli Kec. Sorkam Tapanuli Tengah Minta Warganya Mengawasi Kegiatan Pembangunan Desa.

Tapteng. Peristiwa Indonesia.com ~
Kepala Desa Hurlang Muara Nauli, Kecamatan Kolang, Kabupaten Tapanuli Tengah (Tapteng), Sumatera Utara (Sumut) Dolmar Situmeang Berikan penjelasan terkait penyaluran Dana Desa (DD) T.A 2022-2023 secara tertulis dan lisan kepada awak media, pada Rabu 03 April 2024.

“Dalam hal ini Dolmar Situmeang menjelaskan bahwa Anggaran Dana Desa (ADD) dan Dana Desa (DD) T.A 2022-2023 sudah 100% terealisasi sepenuhnya.”ujarnya

Sementara itu pada Jum’at 22 Maret 2024 lalu, pada saat Rapat Desa dilaksanakan di Desa Hurlang Muara Nauli yang dihadiri oleh seluruh  Masyarakat, Bhabinsa, Bhabinkamtibmas, dan Camat Sebagai pembina.

Rapat Desa diadakan karena adanya dugaan Masyarakat terhadap Kepala Desa Hurlang Muara Nauli Dolmar Situmeang.

Salah satu warga masyarakat Desa Hurlang Muara Nauli yang tidak bersedia disebutkan namanya,kepada awak media mengatakan,bahwa penerima BLT mulai tahun 2022 hingga 2023 diduga tidak ada ketransparanan nya kepada masyarakat.

Dan setelah awak media melakukan komfirmasi secara tertulis dan meminta penjelasan kepada  Kepala Desa terkait laporan dan tuduhan masyarakat terhadap dirinya,

Dolmar dalam penjelasanya menyatakan, penerima BLT T.A 2022 tahap 1-3 berjumlah sebanyak 85 Keluarga Penerima Manfaat (KPM) dan pada tahap 4 penerima BLT hanya terima 300 per KPM, akan tetapi jumlah penerima menjadi bertambah menjadi 170 Keluarga penerima manfaat (KPM) hal ini dilakukan mengingat banyak nya masyarakat yang layak menerima bantuan pemerintah.

Dan mengenai bangunan fisik pada tahun 2022 itu tidak ada karena diutamakan nya ke sejahteraan masyrakat Desa Hurlang Muara Nauli, adapun kegiatan yang dilakukan Pemdes dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat dengan cara: 1.Menyalurkan BLT ( Bantuan Langsung Tunai)secara merata pada masyarakat.

2.Meningkatkan Ketapang melalui penyaluran bibit pertania, pupuk pertanian, dan menyalurkan bantuan ternak berupa bibit ayam kampung.

Dan terkait penerima BLT T.A 2023 hanya berjumlah 25 KPM namun Pemdes berinisiatif menambah jumlah peserta penerima BLT menjadi 75 KPM, setiap penerima bantuan memperoleh 300 per KPM, hal ini dilakukan agar Keluarga Penerima Manfaat ( KPM) menerima bantuan secara merata.

Mengenai bangunan Jalan Usaha Tani T.A 2023 sudah terealisasi sepanjang 260m,dalam hal ini Pemdes Hurlang Muara Nauli tetap melibatkan masyarakat dan sudah dimusyawarahkan bersama terlebih dahulu.” Ujar Dolmar Situmeang( KADES)

Dolmar Situmeang sebagai Kepala Desa Hurlang Muara Nauli berharap masyarakat dapat membantu dan mengawal seluruh kegiatan desa terutama dalam pembangunan jalan usaha tani desa, tanpa masyarakat Pemdes Hurlang Muara Nsuli tidak bisa apa-apa,mari kita bergandeng tangan dalam memajukan desa kita.”ujar Kades.|

Red / Tim

Share :

Baca Juga

Daerah

Hadir di Halal Bihalal Dinas Pendidikan Langkat, PJ Bupati Sampaikan Arahan Penting Terhadap Sekolah.

Daerah

BPD se-Tapanuli Tengah Ikuti Diklat Peningkatan Kapasitas Kerja.

Daerah

DPRD Simalungun Gelar Rapat Istimewa, Bacakan Penetapan Bupati dan Wakil Bupati Simalungun Terpilih

Daerah

Josmen Sitohang Digadang Maju Kontestasi Pilkada Tapteng – Sumut November Yang Akan Datang

Daerah

H Ramlan Efendy Lubis Camat Padang Tualang Meninggal Dunia, Afandin: Saya Yakin Almarhum Orang Baik

Daerah

Polres Kota Sibolga Hadirkan Pendeta Untuk Pelayanan Paskah di RTP

Daerah

IAKN Tarutung Gelar Seminar Nasional dan Pelatihan Agen Penggerak Perdamaian

Daerah

Melalui jumpa pers,Kasek SMPN 5 Stabat membantah tudingan dirinya menikah siri.