Home / Daerah

Jumat, 3 Mei 2024 - 08:27 WIB

Pj. Bupati Tapanuli Tengah Sumut Terima Penghargaan Revitalisasi Bahasa Daerah Dialeg Sorkam

Penulis, Sahiluddin

JAKARTA, Peristiwaindonesia.com ~ Pj Bupati Tapanuli Tengah (Tapteng), Dr. Sugeng Riyanta, SH., MH, menerima Penghargaan Terkait Revitalisasi Bahasa Daerah Bahasa Melayu Pesisir Dialek Sorkam Tapteng dari Menteri Pendidikan pada Festival Tunas Bahasa Ibu Nasional (FTBIN) dan Rapat Koordinasi Penguatan Revitalisasi Bahasa Daerah, bertempat di Hotel Sultan, Gatot Subroto Jakarta , pada Kamis (2/4/2024).

Dimomentum Hari Pendidikan Nasional Tahun 2024, pada acara Festival Tunas Bahasa Ibu (FTBI) Tingkat Nasional Pemerintah Kabupaten Tapanuli Tengah menerima penghargaan terkait Revitalisasi Bahasa Daerah Bahasa Melayu Pesisir Dialek Sorkam dari Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi Republik Indonesia Nadiem Anwar Makariem yang diterima langsung oleh Pj Bupati Tapanuli Tengah, Dr. Sugeng Riyanta, SH., MH.

Kegiatan ini terselenggara atas dukungan Pemerintah Daerah terhadap Pelaksanaan kegiatan Revitalisasi Bahasa Daerah (Bahasa Melayu Pesisir Dialek Sorkam) yang dilaksanakan pada Tahun 2022 hingga saat ini. Dari seluruh Provinsi yang ada di Indonesia, hanya 20 Provinsi, Kabupaten, dan Kota yang menerima penghargaan dari Menteri Pendidikan Kebudayaan, Riset dan Teknologi Kerjasama antara Balai Bahasa Provinsi Sumatera Utara (BBSU) dengan Pemerintah Kabupaten Tapanuli Tengah akan berakhir pada Tahun Anggaran 2024. Keberlanjutan program Revitalisasi Daerah (RBD) akan dibebankan sepenuhnya kepada Pemerintah Daerah. Pemerintah Daerah sangat mendukung keberlanjutan program revitalisasi Bahasa daerah untuk selanjutnya dan mengalokasikan anggaran untuk kegiatan tersebut.

Pelaksanaan Festival Tunas Bahasa Ibu (FTBI) Nasional dilaksanakan mulai tanggal 2 Sampai dengan tanggal 4 Mei 2024, dan Kontingen dari Kabupaten Tapanuli Tengah diikuti oleh, 1. Annisa Bakhtiar Sibarani (SMP Swasta Al Muslimin Pandan) kegiatan yg di tampilkan yaitu Pidato, 2. Yuni Citra Luna Gulo (SMPN 1 Pandan) kegiatan yang ditampilkan yaitu tembang tradisi, dan 3. M. Luthfi Arief (SD IT Bunayya Pandan) kegiatan yang ditampilkan yaitu melawak Tunggal , Pendamping Tiramin Tamba, SE (Kabid Kebudayaan), Pelatih
Yani Aisyah Batubara, S.Pd (SMP Swasta Al Muslimin Pandan)

Pada kegiatan itu turut dihadiri
Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Tapanuli Tengah, Boy Rahman Hasibuan, SIP, MAP.

Share :

Baca Juga

Daerah

Pj. Bupati Langkat serius dalam implementasi program “Bubur Pedas”.

Daerah

Siang ini DPC AWPI Sibolga-Tapteng Periode 2024-2029 Dikukuhkan.

Daerah

Sat Narkoba Polres Tapteng Tangkap Pengedar Sabu di Kedai Tiga Barus.

Daerah

Gubernur Lampung Lantik Nanang-Pandu Sebagai Bupati dan Wakil Bupati Lamsel Periode 2021-2026

Daerah

Pj. Sekdakab Tapanuli Tengah Buka Workshop Lintas Sektoral Pembentukan BLUD Puskesmas.

Daerah

Kemenag Halsel Nilai Dinas Kesehatan Tebang Pilih

Daerah

Diduga Peningkatan Jalan Batas Kota Singkawang dan Bengkayang Tidak Sesuai Teknis

Daerah

Pj Bupati Langkat Berkolaborasi dengan Majelis Taklim dan Zikir Al-Haura wujudkan Langkat religius