Home / Daerah

Minggu, 19 Mei 2024 - 07:10 WIB

Rehab Jembatan Aek Badan Unte Mungkur Tapteng Sumut Diduga Proyek Siluman.

Penulis, Sahiluddin.

Tapteng, Peristiwaindonesia.com ~ Rehablitasi Jembatan Aek Badan Desa Unte Mungkur Tiga Kecamatan Kolang Kabupaten Tapanuli Tengah Provinsi Sumatera Utara dituding sebagai Proyek Siluman.

Alasan tudingan itu, karena tidak membuat Papan Proyek di lokasi pekerjaan.

Pak Situmeang yang mengerjakan pengelasan menyebut, bahwa dirinya hanyalah pekerja.

Tidak mengetahui berapa dana yang di alokasikan untuk proyek tersebut, saya hanya pekerja pak tidak tau masalah Anggaran Proyek, katanya.

Jembatan yang dikerjakan diharapkan dapat memperlancar Angkutan Hasil Bumi dari lahan pertanian masyarakat. Semula Jembatan dimaksud terbuat dari lantai kayu dan sekarang lantai nya dibuat dari plat besi.

Kepala Desa (Kades) Unte Mungkur Tiga Mangadi Purba ketika dikonfirmasi di rumahnya mengatakan, ” Memang belum datang Papan Informasi dari Dinas PMD Tapteng ujarnya”, dan lupa Pagu Proyek yang nilainya ratusan juta rupiah.

Ditanya mengenai pengelolaan Dana Desa (DD) Tahun 2020 yaitu tentang peningkatan pendidikan Aparat Desa dan Kades dari jumlah 159 Desa se-Tapteng yang jumlah mencapai Rp. 9.655 000.000,- ( sembilan milyar enam ratus lima puluh lima juta).

Menjawab pertanyaan itu Kades bingung tidak tau menjawab, sebab pada tahun 2020 terjadi pandemi covit 19 corona, sehingga anak sekolah pun belajar Daring, kuat dugaan bahwa kegiatan di maksud di duga tidak realisasi akibat Covid-19 saat itu.

Juga pembangunan Tower Internet di setiap Desa yang menelan DD Rp. 103 juta untuk satu buah Tower, dan tagihan internet setiap bulan nya.

Mangadi mengatakan: “Internet kami berfungsi sampai sekarang, dan biaya ditagih setiap bulan Rp. 2.500.000 (dua juta lima ratus ribu) dan yang melakukan penagihan saya lupa namanya, ungkapnya.

Yang membuat Laporan Pertanggung Jawaban (LPJ) setiap bulan adalah Pendamping Desa langsung, akunya.

Sementara Sekretaris Desa (Sekdes) Desa Unte Mungkur Tiga, Pak Hutabarat turut mengaminkan bahwa pendamping DD dari Kementerian Desa langsung, namun menurut pantauan Media Oknum Pendamping dimaksud adalah Pegawai dari Dinas PMD Tapteng.  ( Tim )

 

 

Share :

Baca Juga

Daerah

Kapal Bom Ikan Marak Bongkar di Tangkahan Sibolga.

Daerah

Ketum Naposo Prabowo-Gibran Andri Christianto Malau, MM Mendaftar Balon Bupati 2024 ke Kantor DPC Partai GerindraTapanuli Tengah Sumatera Utara

Daerah

Polres Tapanuli Tengah Gelar Halal Bihalal Idul Fitri 1445 H.

Daerah

Kasus Mandek Ditengah Jalan, Diduga Kades Sungai Raya Sepauk Mainmata Dengan Inspektorat Sintang.

Daerah

Langgeng Operasi Mafia BBM Bersubsidi di Tapanuli Tengah, Diduga Beckingan Aparat

Daerah

Ratusan Massa OloMa Antar Lodewick FS Marpaung Mendaftar ke Kantor DPD PKB Tapanuli Tengah Sumut.

Daerah

Nanang Ermanto Minta Pejabat Eselon IV Tingkatkan Kinerja Dan Rubah Pola Pikir

Daerah

HMI Kota Salatiga Gelar Aksi Peduli Bencana Kalsel dan Mamuju