Home / Daerah

Senin, 22 Januari 2024 - 13:32 WIB

Suku Melayu Penduduk Asli di Kabupaten Langkat

Penulis: Muhammad Salim

Langkat,PERISTIWAINDONESIA.com I

Plt Bupati Langkat H.Syah Afandin SH diwakili H. Sukhyar Mulyamin SSos MSi Asisten Adm Ekbangsos hadiri acara Seremoni melayu dalam rangka menyambut hari jadi kabupaten langkat ke-274 Tahun 2024.

Giat ini diselenggarakan oleh Dewan Syarikat Melayu Langkat bertempat di Gedung Paripurna DPRD Langkat, Sabtu (13/01/2023).

Asisten Adm Ekbangsos H. Sukhyar Mulyamin SSos MSi, beliau juga merupakan Ketua Umum Dewan Syarikat Melayu Langkat.

Beliau menyampaikan kita di Kabupaten Langkat yang sebentar lagi pada tanggal 17 Januari 2024 akan melaksanakan hari ulang tahun.

Masyarakat Melayu di Kabupaten Langkat berjumlah┬▒147.785 jiwa atau ┬▒36.946 kepala keluarga atau 15,04 % dari ┬▒ 1,2 juta jiwa penduduk di Kabupaten Langkat.

Di tanah Melayu ini berbagai macam Etnis Budaya yang hidup rukun dan damai antar sesamanya yang tetap menghormati kearifan tatanan adat istiadat yang menjadi ke eratan dalam kehidupan bernegara dan bermasyarakat.

“Etnis Melayu adalah tuan rumah suku asli yang menghuni dan mengembangkan daerah ini menjadi suatu daerah dibawah pemerintahan kesultanan Langkat yang kaya raya jauh sebelum Indonesia Merdeka dan disaat Indonesia Merdeka,” jelasnya.

“Bupati Pertama Langkat adalah Tengku Amir Hamzah yang menjadi Pahlawan Nasional. Kini beragam persoalan dihadapi bangsa Melayu dari persoalan globalisasi, digitalisasi dan tentu berbagai persoalan di daerah,” lanjutnya.

Laporan ketua Panitia Ilham Iskandar zeen “Kegiatan ini di selenggarakan dalam rangka menyambut peringatan hari jadi langkat ke 274.

Kami berharap kegiatan ini dapat di selenggarakan setiap tahunnya untuk menyambut hari jadi Langkat kedepannya.

Ini di selenggarakan untuk membangkitkan kembali spirit kesultanan di langkat, yang merupakan kesultanan tersohor dan tertua di Sumatra Timur pada masanya.

“DSML Sebagai perwakilan masyarakat melayu melalui kebijakan di Kabupaten Langkat adalah sebuah lembaga berpikir yang akan mengawal kebijakan pembangunan berbasis kebudayaan,” sebutnya.

Tampak Hadir Sultan Langkat Azwar Abdul Jalil Rahmad Shah, Wakil Ketua Dewan Syarikat Melayu Langkat Drs Rudi Kinandung MSi, Perwakilan Sultan Aceh Tamiang, Perwakilan Sultan Deli, Perwakilan Sultan Serdang Bedagai, Para Ketua organisasi Melayu Langkat, Tokoh Agama dan tokoh Masyarakat. ( Red )

Share :

Baca Juga

Daerah

Pj. Bupati Tapanuli Tengah Sumatera Utara Sampaikan LKPJ Tahun 2023

Daerah

Aktif Program Posyandu, Desa Madani Sorkam Barat Tapanuli Tengah Giat Turunkan Angka Stunting

Daerah

Polresta Sibolga Boyong Tim Kesehatan Laksanakan Pemeriksaan Kesehatan Gratis.

Daerah

Kades Fajar Kec. Sorkam Kab. Tapanuli Tengah – Sumut, Salurkan Bantuan Ketahanan Pangan.

Daerah

Dua Unit Sekolah SMP Negeri Baru di Pekanbaru Diusulkan Mendapat Dana BOS.

Daerah

Kelurahan Caturtunggal Depok Adakan Pembinaan dan Rapat Koordinasi Bersama Linmas

Daerah

PJS Upgrade Wartawan Untuk Kompetensi, berintegritas dan Profesional

Daerah

Mantan Kadiskes Tapanuli Tengah Sumut Disebut Layak Direhabilitasi.