Home / Daerah

Rabu, 8 Mei 2024 - 05:59 WIB

BMI Apresiasi Polda Bali Terbitkan SPDP Arya Wedakarna

MAKASSAR, Peristiwaindonesia.com ~  Brigade Muslim Indonesia (BMI) mengapresiasi hasil gelar perkara Kepolisian Daerah (Polda) Bali yang menaikan status hukum I Gusti Ngurah Arya Wedakarna (AWK) naik tingkat menjadi tahap penyidikan.

Hal itu seiring dengan, Surat Nomor:B/28/IV/RES.2.5/2024/Ditreskrimsus yang dikirimkan Polda Bali tertanggal 29 April 2024 kepada Kepala Kejaksaan Tinggi Bali terkait Surat Perintah Dimulainya Penyidikan (SPDP).

“Kami dari BMI tentunya sangat mengapresiasi langkah Polda Bali yang akhirnya menaikan status hukum Arya Wedakarna mantan senator asal Bali itu. Tentu kami berharap segera ditetapkan sebagai tersangka di kasus ujaran kebencian,” ujar Ketua Umum BMI, Muhammad Zulkifli kepada media Selasa malam (7/5/2024).

“Hal ini sudah sesuai dengan prediksi kami diawal kasus ini mencuat dan menjadi perbincangan publik nasional. Sejak awal bahwa Arya Wedakarna kemungkinan lolos dari pasal penistaan agama, tetapi susah untuk lolos dari pasal tentang ujaran kebencian yang mampu memicu permusuhan antar suku dan golongan,” tambah Zulkifli.

Ketua umum BMI ini berharap agar Polda Bali segera melakukan penahan kepada Arya Wedakarna untuk kepentingan penyidikan dan agar hal ini menjadi pelajaran bagi siapapun termasuk para tokoh untuk menjaga lisan serta tidak melakukan hal yang sama.

“Kami berharap agar Polda Bali segera melakukan penahan kepada Arya Wedakarna untuk kepentingan penyidikan dan agar hal ini menjadi pelajaran bagi siapapun termasuk para tokoh untuk menjaga lisan serta tidak melakukan hal yang sama,” terang Zulkifli.

Terpisah Kepala Bidang Hubungan Masyarakat (Kabid Humas) Polda Bali Kombes Jansen Avitus Panjaitan membenarkan meningkatnya status kasus dugaan SARA yang dilaporkan oleh tiga pihak itu.

“Betul, segera berproses untuk mendapatkan kepastian hukum,” kata Jansen seperti dikutip dari detikBali, Jumat (3/5/2024).

Sementara itu, Koordinator Forum Peduli Keberagaman Bali M Zulfikar Ramly, yang juga menjadi pelapor kasus AWK, mengapresiasi Polda Bali yang sudah menaikkan kasus ke tahap penyidikan. Zulfikar berharap AWK segera menjadi tersangka.

“Kami mendesak Polda Bali agar segera menaikkan status Arya Wedakarna menjadi tersangka dan segera menahan untuk segera diadili agar ada kepastian hukum,” ujar Zulfikar dalam keterangan tertulis, Jumat. ( Tim /**)

Share :

Baca Juga

Daerah

Polres Tapteng Dan Polairud Check Kapal Wisata Laut Di Pantai Pandan.

Daerah

Miliki Sabu, Warga Sorkam Barat Ditangkap Satresnarkoba Polres Tapteng.

Daerah

Pj Bupati Langkat Dukung Sinergitas Penguatan Desa Bersih Narkoba dalam Workshop Indonesia Bersinar

Daerah

Pengusaha Diduga Kebal Hukum, Kapal Ikan Pukat Trawls Bebas Beroperasi di Zona Terlarang

Daerah

Pemkot Pekanbaru Akan Bangun Alun-Alun di Bawah Jembatan Siak IV Kota Pekanbaru

Daerah

Wakil Walikota Bitung: Siap Dukung Pengamanan Idul Fitri 1442 H Tahun 2021 di Kota Bitung

Daerah

Peringati MayDay 2024, Pj Bupati Langkat Faisal Hasrimy tunjukkan Langkat Kondusif

Daerah

Korcam Asosiasi UMKM Gelar Rapat Penerapan Dasar di Kecamatan Bandar Huluan