• Sab. Feb 24th, 2024

Bupati Karo Langsung Turun Ke Lokasi Kebakaran Pasar Tingkat Berastagi

Byabed nego panjaitan

Nov 19, 2020

Penulis: Jampang Ginting

Karo, PERISTIWAINDONESIA.com |

Bupati Karo Terkelin Brahmana langsung turun meninjau lokasi kebakaran Pasar Tingkat di kawasan Pusat Pasar, kelurahan Tambak Lau Mulgap II, Kota Wisata Berastagi, Kabupaten Karo, propinsi Sumatera Utara (Sumut), Selasa (17/11/2020).

Bupati Karo Terkelin Brahmana terlihat didampingi anggota DPRD Ferianta Purba, Kodim 0205/TK dan Wakapolres Tanah Karo Kompol H Panggabean.

Dikatakan Bupati untuk sementara pedagang Pasar Tingkat ini akan ditempatkan di dekat lokasi kebakaran atau sebagian nanti di pajak gang Merek Berastagi. Selanjutnya diharapkan kepada para pedagang agar tetap bersabar dan Berdoa.

Lebih lanjut disampaikan, Pemkab Karo dan DPRD segara akan membahas musibah yang menimpa pedagang Pasar tersebut, selanjutnya akan mencari solusi terkait langkah dan uoaya apa yang akan diambil.

Salah satu pedagang R br Sembiring terlihat histeris dan sempat pingsan karena kiosnya terbakar, padahal sangat banyak barang berharga tersimpan di dalam kios berupa sertifikat tanah, ijazah dan dokumen penting lainnya.

Pantauan Wartawan di lapangan, hampir seluruh barang pedagang yang ada di lantai satu dan dua berupa pakaian bekas (loak) dan baru serta barang kebutuhan pokok lainnya tidak dapat diselamatkan.

Kapolsekta Berastagi Kompol L Marpaung mengatakan peristiwa kebakaran Pajak Tingkat Berastagi masih dalam tahap penyelidikan.

Asal api pertama kali diketahui penjaga malam Pasar Tingkat Pusat Berastagi atas nama AS (26) warga belakang Pasar Tingkat Pusat Pasar Berastagi, LP (27) warga Gang Kelapa Kelurahan Tl Mulgap II Berastagi, IJ (23), warga belakang mesjid raya Kelurahan Tambak Lau Mulgap II Berastagi.

Lanjut Kapolsek, saat kejadian para penjaga malam mendengar suara teriakan warga dari dalam gang Pasar Tingkat yang berteriak, “kebakaran… kebakaran.”

Selanjutnya para penjaga malam berlari menuju sumber api namun api semakin membesar dan merambat ke seluruh kios Pasar Tingkat yang terbuat dari kayu dan barang-barang yang mudah terbakar.

Alahasil, api terus merambat ke ruko warung kopi sekaligus tempat tinggal milik AK (55), wiraswasta alamat Pasar Tingkat Berastagi gang pajak lost pancur serta ke ruko disekitar Gg Lost Jahe-jahe.

“Berselang 20 menit kemudian mobil pemadam kebakaran Pemkab Karo sebanyak 4 unit tiba di lokasi kejadian dan langsung melakukan penyiraman dibantu oleh warga sekitar,” jelas Kapolsek.

Sesuai keterangan yang di peroleh dari koordinator Pusat Pasar Berastagi Pribadi Sebayang menjelaskan bahwa jumlah kios yang terbakar di Pasar Tingkat Berastagi sekira 535 unit dan 7 ruko (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *